GOA LALAY : SEBUAH CATATAN PERJALANAN

0
52

LEBAK – Boleh jadi selama ini wisata Banten identik keindahan alam, khususnya bentangan pantai dan gugusan pulau pulau kecil yang memang sangat banyak jumlahnya di propinsi ini. Namun tahukah Anda bahwa Banten juga memiliki goa alam yang indah dan layak untuk Anda kunjungi.

Goa ini bernama goa Lalay yang berarti goa kelelawar dalam bahasa Indonesia. Goa alam ini terletak di Desa Wisata Sawarna Kabupaten Lebak. Berikut adalah catatan perjalanan yang ditulis oleh seorang traveller tentang perjalanannya ke Goa Lalay.

Kami sangat excited saat melakukan ekspedisi ke Destinasi Goa Lalay, warga yang mengelola destinasi tersebut sudah dapat memetakan track Goa Lalay sepanjang 2 km yang jalurnya menuju ke beberapa pintu keluar yaitu Goa Abah Salim, Goa Kadir atau Goa Gendang dan Goa Rawis.” Demikian catatan itu dimulai.

“Goa Lalay sendiri merupakan jalur aliran air bawah tanah yang keluar dari mata air atau tetesan dari rembesan air melalui sela-sela batuan. Dengan proses yang memakan waktu sangat lama karena membawa kandungan endapan batuan dan pasir akhirnya membentuk stalaktit dan stalagmit. Masuk ke mulut gua kami merasakan sensasi berpetualang seperti Indiana Jones yang menggunakan perahu memasuki sungai-sungai pada lorong-lorong gua. Struktur dinding Goa Lalay cukup kuat dan debit airnya pun cukup memadai bahkan telah mengairi sawah seluas 60 Ha di Kp. Cipanas Desa Sawarna selama bertahun-tahun.”

“Menyusuri lebih jauh ke dalam, medannya semakin menantang dan harus menggunakan pakaian safety (wearpack, helm dan senter), tebing yang ada mencapai 15 meter dengan stalaktit yang cukup tua dan ruangan dalam lebih luas.”

“Lepas menyusuri Goa Lalay kami disambut masyarakat setempat yang sangat ramah dengan hidangan nasi liwet dan beuleum peda (bakar ikan asin) yang luar biasa nikmatnya”

Sang penulis mengakhiri catatannya dengan menyatakan rasa senangnya telah berpetualang di Goa Lalay dan sebuah janji untuk kembali menyusuri gua gua yang ada di sekitaran goa Lalay.

Sungguh suatu kepuasan tersendiri menikmati indahnya kekayaan alam di Sawarna, next time Goa Sanghiang dan Curug Cipicung.. (Sumber : Dispar Lebak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here