Hari Tani Nasional, PPMKP Ciawi Dan Petani Carita Lakukan Panen Padi

0
1

Pandeglang, Badakpos.com – PPMKP laksanakan panen padi bersama kelompok tani yang ada di desa sukanegara kecamatan Carita, dalam rangka memperingati hari tani nasional 2020, Kamis (24/9).

Dalam agenda tersebut hadir Sekdis Pertanian kabupaten Pandeglang dan jajaran, Kabid penyuluh pertanian, Korluh penyuluh pertanian kecamatan Carita serta para penyuluh, ketua gapoktan berkah juga petani.

Kepala pusat pelatihan manajemen dan kepemimpinan pertanian (PPMKP) bernama Yusral Tahir, menyampaikan, pihaknya telah melaksanakan gerakan tanam (gertam) dan gerakan pengendalian(gerdal) hama wereng di kecamatan kadu hejo. “Besok akan melakukan pembinaan kepada para petani talas beneng, dalam pembukaan pasar, baik pasar lokal, regional maupun pasar internasional,” terangnya.

Saat disinggung terkait lokasi pertanian di wilayah kecamatan Carita. Ia menuturkan, sangat salut sekali, karena berdekatan dengan pantai tetapi lahan pertanian luas sekali. Dan kita ketahui kabupaten Pandeglang merupakan salah satu sentra produksi padi untuk Indonesia, khususnya di Banten.

Masih dikatakan kepala PPMKP, unit terdepan adalah PPL dan BPP, penyuluh di harapkan bekerja sama dan menjalin komunikasi dengan para petani. Dan para penyuluh pertanian juga di harapkan meningkatkan kopentensinya dengan belajar.

Dilanjutkan Yusral Tahir, petani tidak menanam satu komoditi yang sama di luar padi, yang kira-kira nanti ketika panen harganya akan rendah, jadi disitulah fungsi dari BPP untuk memberikan sebuah informasi kepada para petani.

Ditempat yang sama, Sekdis Pertanian kabupaten Pandeglang, Nasir M Daud mengatakan, walaupun dalam pandemi covid-19 para petani harus tepat semangat. “Kita terus semangat, terus melakukan tanam, melakukan panen untuk ketahanan pangan “tegasnya.

Ditanya terkait potensi apa yang bisa dikembangkan, selain dari menanam padi.

Kadis pertanian Pandeglang pun mengatakan, bahwa di wilayah kecamatan Carita bisa di kembangkan jagung juga kedelai, yang penting para penyuluh pertanian selalu mendampingi, bersama dengan para petani bisa meningkatkan produksifitas di Carita.

Sementara, ketua Gapoktan Berkah, Bahrudin menuturkan, bahwa lokasi disini atau lebih tepatnya di kampung cilurah desa sukanagara, sekitar 160 hektare.biasanya menamam padi dua kali dalam setahun, dan selebihnya tanam palawija, ada jagung, timun, melon dan semangka, pungkasnya. (BP11).

Komentar dibawah ini