Hasil Kajian Beberapa Universitas Jadi Referensi Penyusunan Rancangan Awal Tahun 2019.

0
6

Pandeglang, Badakpos.com – Untuk sebuah kemajuan Pemerintah Daerah harus melakukan beberapa inovasi dengan menggandeng universitas ternama. Hal ini telah dilakukan Pemda Pandeglang dengan beberapa Universitas diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Tirtayasa, Sekolah Tinggi Administrasi, dan Universitas Mthlaul Anwar. “Hasil riset atau kajian universitas nanti akan dijadikan referensi dalam penyusunan rancangan awal penyusunan anggaran tahun 2019.” Demikian dikatakan Kepala Bappeda Kurnia Satriyawan, saat sosialisasi Diseminasi, Rabu (27/12) di Oproom Setda.

Lanjut Kurnia, penting kiranya untuk mencapai keberhasilan dilakukan perbaikan dalam perencanaan. Kata dia, harus dipastikan bahwa setiap pekerjaan yang dilakukan harus mempunyai tolak ukur nya jelas. “Mudah-mudahan kinerja kita tahun berikutnya meningkat. Untuk itu perencanaan itu sangat penting sekali,” ungkapnya.

Adapun Universitas yang melakukan kajian atau riset diantaranya Unma terkait kegiatan pemberdayaan masayarakat di buferzone ujungkulon, untuk penguatan ekonomi mikro dilakukan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA), sedangkan pola pemberdayaan masyarakat di buferzone perbatasan dengan Kabupaten Lebak dilakukan oleh Untirta, dan Kajian SIDA oleh Universitas Indonesia.

Dalam acara yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Fery Hasanudin mengatakan, untuk mendapatkan hasil pembangunan yang optimal itu diawali dari hasil perencanaan yang baik. Kata dia, perencanaan yang dibuatpun harus sistematis. “Tolak ukur dalam melaksanakan setiap pembangunan adalah Renacana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), oleh sebab itu dalam penyusunan perencanaan oleh tiap OPD harus sesuai RPJMD,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here