Home Pendidikan SMK Berdikari Lebak Latih Masyarakat Buka Lapangan Pekerjaan

SMK Berdikari Lebak Latih Masyarakat Buka Lapangan Pekerjaan

0
13

Lebak, BadakPos.com-

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Berdikari menyelenggarakan kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) untuk melatih masayarakat umum dalam membuka lapangan pekerjaan, kegiatan tersebut dominan dihadirioleh lulusan SMA dan SMK yang tidak terserap oleh sektor industry. Kegiatan tersebut diadakan tepat di Aula sekolah pada Jumat (14/07).

Ade Abdul Jabar Mashuri, selaku kepala sekolah mengatakan jika daidakan nya kegiatan tersebut bukan untuk memberipeluang untuk meraih pekerjaan, namun bahkan bagaimana masayarakat dilatih untuk membuka lapangan pekerjaan.

“Para peserta dilatih bukan untuk mencari lapangan pekerjaan tapi mereka didorong untuk menciptakan lapangan kerja melalui program kewirausahaan ini,” ungkapnya. Dirinya juga menerangkan bahwa kegiatan PKW ini salah satu produk dari Kemendikbud yang bekerjasama dengan setiap sekolah yang siap untuk menjadi lokus pelatihan dan kursus.

“Adapun bidang PKW yang dilaksanakan oleh SMK Berdikari adalah jenis keterampilan jasa usaha makanan, dan ini program yang diluncurkan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha,” jelasnya.

Asep Suryana, sebagai salah satu instruktur kegiatan PKW menambahkan bahwa kegiatan PKW di SMK Berdikari  ini tidak hanya melatih peserta memiliki keterampilan produksi usaha makanan, tapi juga diberikan pengetahuan dan praktik bagaimana cara memasarkan produk usaha makanan dan evaluasi bisnis yang sedang dijalankan. “Jadi, kita gak cuma praktik cara bikin kue tetapi juga mengasah kemampuan peserta dalam memasarkan produk usaha mereka.” Tutur Asep. (BP2).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here