Selasa, Februari 27, 2024
spot_img
spot_img
BerandaPendidikanSMKT Nurul Hikmah Terima Program PKW KemendikBud

SMKT Nurul Hikmah Terima Program PKW KemendikBud

Lebak, BadakPoscom- SMK Terpadu Nurul Hikmah di Kabupaten Lebak mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2023 untuk masyarakat usia 17-25 tahun. kegiatan PKW ini melibatkan lulusan SMA dan SMK yang tidak terserap oleh dunia usaha  dan industri yang kini kurang produktif (30/09).

Para peserta dilatih bukan untuk mencari lapangan pekerjaan tapi mereka didorong untuk menciptakan lapangan kerja melalui program kewirausahaan ini. Adapun bidang PKW yang dilaksanakan oleh SMK Terpadu Nurul Hikmah adalah jenis keterampilan jasa usaha makanan.

PKW adalah salah satu program yang diluncurkan Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupa layanan pendidikan melalui kursus dan pelatihan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan menumbuhkan sikap mental wirausaha dalam mengelola potensi diri dan lingkungan yang dapat dijadikan bekal untuk berwirausaha.

Faisal Firdaosy, selaku kepala sekolah mengatakan bahwa “kegiatan PKW ini diikuti oleh 25 peserta yang mayoritas adalah masyarakat sekitaran SMK Terpadu Nurul Hikmah yang tengah menganggur,” ungkapnya.

 SMK Terpadu Nurul Hikmah memberikan pelatihan dan pendampingan dari tanggal 27 Juli 2023 sampai dengan 05 September 2023. “Keterampilan yang kita berikan adalah pelatihan membuat kue kering seperti nastar dan palm cheese.” Kata Faisal.

Tri Hartanto, sebagai salah satu instruktur kegiatan PKW menambahkan bahwa kegiatan PKW di SMK Terpadu Nurul Hikmah ini tidak hanya melatih peserta memiliki keterampilan produksi usaha makanan, tapi juga diberikan pengetahuan dan praktik bagaimana cara memasarkan produk usaha makanan dan evaluasi bisnis yang sedang dijalankan.

“Jadi, kita gak cuma praktik membuat usaha makanan tetapi juga mengasah kemampuan peserta dalam memasarkan produk usaha mereka.” Tutup Tri. (BP2)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Terpopuler