Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img
spot_img
BerandaKabar DesaRefleksi Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Pandeglang Gelar Diskusi dan Konferensi Pers

Refleksi Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Mahasiswa Pandeglang Gelar Diskusi dan Konferensi Pers

Pandeglang, Badakpos.com – Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan Cipayung Plus, PW Kumala Pandeglang, PW Kumandang Pandeglang, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Se-Pandeglang, yang terdiri dari berbagai perguruan tinggi dan Universitas di Pandeglang menyelenggarakan Konferensi Pers. Acara tersebut digelar di Pancaniti Alun-alun Kabupaten Pandeglang pada Rabu, 25/10/2023 pukul 12.00 WIB.

Bulan Oktober yang identik dengan momentum Sumpah Pemuda dijadikan satu refleksi perjuangan pemuda untuk menata, memperbaiki, dan evaluasi agar terciptanya percepatan kemajuan daerah dalam era digitalisasi dan modernisasi.

Mengusung tema “Pandeglang dalam Sudut Pandang Pemuda untuk kemajuan Indonesia”, acara tersebut memaparkan beberapa problematika yang menjadi isu krusial daerahnya terutama perihal ekonomi, politik, kesehatan, pendidikan, insfrastruktur, sosial, lingkungan, kebudayaan, pertanian, pariwisata, dan industri. Termasuk menyoal kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dinilai masih lemah serta Peningkatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pandeglang yang jauh tertinggal dari Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Banten.

Ketua Umum HMI Pandeglang, Sumantri yang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan tersebut juga melihat persoalan lain yang juga dihadapi oleh kota berjuluk “Kota Santri” tersebut, dimana persoalan lain yang juga harus dituntaskan adalah isu tentang kekerasan seksual pada perempuan dan anak dan menjadi tanggungjawab bersama.

“Soal kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak juga menjadi isu yang berkembang di tanah Pandeglang, data yang tercatat makin meningkat tiap waktunya. Miris dan mengkhawatirkan.” Ungkap Sumantri

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat menjadi satu catatan bagi para pemilik kebijakan untuk berani berbenah diri demi kemajuan ke arah yang lebih baik khususnya Kabupaten Pandeglang, umumnya Provinsi Banten.

“Persoalan ini menjadi PR kita bersama yang harus segera diselesaikan, dan pemilik kebijakan (pemerintah daerah) mesti berani ambil tindakan konkrit terhadap upaya perbaikan demi kemajuan dan kemaslahatan.” Tutupnya (BP1)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terkini

Terpopuler