Ini Yang Dirasakan Penjual Jamu Keliling, Saat Pandemi Corona.

Pandeglang, Badakpos.com – Wabah virus corona atau covid-19 telah melanda wilayah Indonesia, juga tanpa terkecuali kabupaten Pandeglang dan sekitarnya, dan berefek pada sektor ekonomi, tak terkecuali penjual jamu gendong.

Banyak warga yang mulai kesusahan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, terutama para pedagang di lokasi pantai wisata, pasalnya untuk sementara wilayah itu ditutup sementara untuk hindari atau memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Akan tetapi beda dengan yang dirasakan Wizi salah satu penjual jamu keliling atau yang sering disebut jamu gendong dari kecamatan Labuan, berdasarkan informasi yang didapat Badakpos.com pada selasa (9/4).

Dikatakan Wizi atau lebih dikenal dengan sebutan mba Wizi, bahwa sejak ada penyebaran virus corona, penjualan jamunya semakin laku.

“Terutama jamu temu lawak dan kunyit cukup banyak warga yang membeli, baik itu diminum secara langsung atau pesan bubuknya (serbuk) untuk diseduh di rumah”, terang Wizi.

Masih dikatakan Wizi, setiap hari ia jualan jamu dua kali, pagi dari jam 8.00 WIB hingga 12.00 WIB atau waktu dzuhur dan sore hari dari 16.00 sampai jam 18.00 WIB atau waktu magrib.

Dilanjutkan Wizi, untuk saat ini banyak pegawai kecamatan atau desa setiap pagi membeli jamu seduh buatannya berupa temu lawak dan kunyit, dengan adanya virus corona dua jenis jamu seduh itu yang laris akan pembeli.

Ditambahkan Wizi, untuk bahan baku berupa kunyit dan temu lawak kering masih dipasok dari jawa tengah oleh keluarganya, akan tetapi untuk kencur ia beli langsung dari pasar labuan.

Ditemui secara terpisah, salah satu pedagang kopi dan makanan bernama Ecih mengatakan, bahwa saat ini penjualan minuman hangat berbahan baku jahe dan gula merah lebih laris, ini mungkin dampak dari virus corona.

“Setiap pagi banyak pembeli yang pesan minuman hangat itu, beda dengan waktu sebelum ada wabah corona, nggak pernah ada pembeli nanya minuman itu, paling pesan kopi, teh manis serta susu”pungkas Ecih.

Hal lain dikatakan Sartani salah satu warga sekitar, minuman jahe hangat plus gula merah sangat menyegarkan tubuh, juga untuk menambah kekebalan tubuh dari serangan virus. (BP11).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *