Inovasi Program Layanan Rakyat Sertifikat Tanah (LARASITA) Dikabupaten Trenggalek

0
31

Penulis : Ayustin Suryaningrum

Penulis Adalah : Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Berawal dari keluhan dan tuntutan masyarakat mengenai pelayanan publik yang selama ini dianggap kurang memuaskan. Salah satu keluhannya yaitu terkait pelayanan publik yang memakan waktu lama, tidak tepat waktu, kurangnya tanggung jawab petugas pelayanan, kurang transparan.

Selain itu masih banyak diskriminasi dalam proses pelayanan dan tidak jarang pelayanan rumit dan berbelit-belit. Inti dari tuntutan masyarakat tersebut adalah pemerintah dituntut untuk bisa memperbaiki dan meningkatkan pelayanannya dengan baik agar masyarakat percaya kepada pemerintah maka pemerintah melalui Badan Pertanahan Nasional membuat suatu inovasi terkait kebijakan pelayanan Pertanahan yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan di kabupaten atau kota di seluruh Indonesia salah satunya yang melaksanakan yaitu Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek. Kebijakan tersebut adalah program Layanan Rakyat Sertifikat Tanah (LARASITA)

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak di bagian selatan dari wilayah Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini menempati wilayah seluas 1.205,22 km² yang dihuni oleh ±700.000 jiwa. Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan Kabupaten Ponorogo, Sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung, Sebelah selatan dengan pantai selatan dan Sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.

LARASITA merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan di bidang Pertanahan dan sebagai solusi dari pemerintah untuk masyarakat dalam mempermudah mengurus sertifikat tanah masyarakat dengan cepat, transparan, akuntabel, serta menghindarkan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atau calo.

Inovasi yang dihasilkan dari LARASITA yaitu layanan jemput bola. Dengan adanya layanan jemput bola ini masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Pertanahan Kabupaten Trenggalek melainkan pihak dari Kantor Pertanahan yang akan datang langsung ke masyarakat untuk memberikan pelayanan di bidang Pertanahan salah satunya pendaftaran pertama kali untuk pembuatan sertifikat tanah.

Hal ini tentu membuat masyarakat tidak perlu lagi bolak-balik dalam membuat Sertifikat tanah di Kantor Pertanahan. Program ini sifatnya lebih proaktif dan diharapkan mampu memberikan kemudahan masyarakat dalam mengurus sertifikat tanah yang lebih mudah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kabupaten Trenggalek terdiri dari wilayah dengan bukit-bukit tinggi dan memiliki Medan yang relatif sulit dijangkau karena Jalan terjal dan masih berupa batu-batuan serta jalan yang berliku-liku. Keberadaan daerah-daerah yang jauh dari pusat Kota tentunya menjadi masalah tersendiri bagi masyarakat apabila hendak mengurus surat tanah mereka di Kantor Pertanahan. Selain jauh dan memakan waktu yang lama masyarakat juga keterbatasan alat transportasi sehingga menguntungkan masyarakat dan enggan untuk sertifikat kan tanahnya. Oleh karena itu, keberadaan program LARASITA yang menggunakan sistem jemput bola mampu memberikan kemudahan kepada warga untuk mengurus sertifikat tanah secara mudah dan dapat dipertanggung jawabkan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here