Irna Minta Kementerian ESDM Segera Tetapkan Geopark Ujungkulon Jadi Geopark Nasional

0
0

Jakarta, badakpos.com  – Bupati Pandeglang Irna Narulita berharap Kementerian ESDM berkenan untuk mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan Geopark Ujung Kulon jadi Geopark nasional, hal tersebut di ungkapkan Bupati Irna Narulita saat melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Lebih lanjut Ia mengatakan pihaknya telah menyampaikan Kabupaten Pandeglang memiliki 30 warisan geologi, dari jumlah tersebut kata Irna, yang diajukan hanya 14 geoheritage untuk dimasukan dalam surat keputusan Menteri ESDM, “Oleh karena itu hari ini saya sengaja bertemu dengan bapak menteri terkait perihal ini, beliau (Menteri) sangat mensupport sekali, dan akan segera mengeluarkan Surat Keputusan bahwa warisan geologi di Kabupaten Pandeglang layak untuk di tetapkan, “kata Irna.

Diungkapkan Irna, apabila 14 geoheritage yang di ajukan ini di tetapkan, tentunya jadi modal dasar Pemerintah Pandeglang untuk melangkah ke tahap selanjutnya yaitu menyampaikan paparan dengan Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) untuk melakukan penilaian ke 14 geoheritage ini, “Mudah-mudahan ke 14 warisan geologi ini layak, tentunya Kementerian ESDM akan segera menetapkan menjadi geopark nasional, “terangnya.

“Saya berharap kepada Kementerian ESDM segera menerbitkan Surat Keputusan geopark ujung kulon menjadi geopark nasional, karena geopark ujung kulon ini sangat komperensif untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat di berbagai sektor,“tuturnya.

Sementara itu Tim Pakar Komite Nasional Geopark Indonesia Ela Ubaidi mengatakan dirinya sangat mendukung geopark ujung kulon di tetapkan menjadi geopark nasional, karena letak geopark ujung kulon yang sangat strategis. ” ini menjadi potensi yang luar biasa, dengan pengelolaan yang baik tentunya akan berdampak pada peningkatan wisatawan baik nasional maupun wisatawan mancanegara, selain itu ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Pandeglang juga bisa mengalami peningkatan, “ujarnya.

Ia menambahkan saat ini, ungkap Irna, pihaknya intens melakukan koordinasi dengan UNESCO, agar geopark ujung kulon ini mendapatkan pendampingan sejak awal sebelum di ajukan ke UNESCO. “Sehingga dengan adanya program kerjasama ini maka kita sudah mengatahui apa saja sih yang menjadi dasar yang harus di persiapkan. Pada intinya kami berupaya agar geopark ujung kulon ini menjadi bagian geopark nasional dan warisan dunia, “pungkasnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Energi dan Sumber daya Mineral Provinsi Banten Eko Palmadi, Assisten Ekbang Indah Dinarsiani, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Asmani dan instansi vertikal lainya. (BP3)

Komentar dibawah ini