Irna Narulita: Pedagang Tidak Menaikan Harga Seenaknya

0
9

Pandeglang,Badakpos.com- Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Muspida dan Disperindag Pandeglang melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Pasar Tradisional Pandeglang. Hal ini dilakukan untuk menjamin ketersediaan bahan pokok dan kenaiakan harga yang terjadi.

Turut hadir dalam acara ini Kapolres Pandeglang AKBP Indra Lutrianto Amstono, Komandan Kodim 0601 Pandeglang Letkol Inf Fitriana Nur Heru Wibawa, Wakapolres Pandeglang Kompol Nurrahman, Asda Pemerintahan Agus Priadi Mustika, Kadis Perindag E Andi Kusnardi, Kepala Badan Ketahanan Pangan Moh. Amri, Kabag Ekonomi Tatang Muhtasar, Kabag Humas Mustandri, dan Kabag Umun Puji Widodo.

Adapun bahan pokok yang akan ditinjau yaitu Beras, Minyak, Gula, Daging, Telulur, Susu, Jagung, Kacang kedelai, Cabai, Bawang, Tomat, Kentang, Ikan dan Kacang ijo.

Saat sidak memang ditemukan ada beberapa harga yang mengalami kenaikan. Menanggapi hal itu, Bupati Pandeglang menghimbau kepada pera pedagang agar tidak menaikan harga sembarangan, karena pemerintah mempunyai tolak ukur untuk memantau harga pasar. “Kalo naik nya hanya Rp. 500 sampai masih Rp.2000 masih normatif,” kata Bupati kepada para pedagang di pasar pandeglang.

Lanjut Irna, agar tidak terjadi lonjakan harga yang tinggi, pihak dinas perindustrian dan perdagangan harus terus melakukan pemantauan harga dipasar tradisional pandeglang. “Dengan adanya pantauan dari dinas terkait, mudah-mudahan tidak terjadi lonjakan harga khususnya pada bahan pokok jelang natal tahun baru,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) E. Andi Kusnardi mengatakan, kenaikan yang terjadi pada harga bahan pokok masih diambang batas kewajaran. Kata dia, kenaikan nya masih di bawah harga dasar nasional. “Dan kenaikan hanya beberapa pedagang saja. Namun hasil pantauan kami secara keseluruhan masih normal,” katanya.

Andi mengungkapkan, sejauh ini pihak Disperindag terus melakukan pantauan harga- harga di pasar tradisional. “Hasil pantauan tetsebut akan kami sampaikan ke Bupati dan Kapolres Pandeglang,” tandasnya.

Hasil pantauan dilapangan, harga bahan pokok yang mengalamai kenaikan diantaranya Daging Sapi Murni dari Rp. 110.000,- menjadi Rp. 120.000,-. Daging Ayam dari Rp. 32.000,- menjadi Rp. 35.000,-. Cabai Merah Kriting dari Rp. 28.000,- menjadi Rp. 32.000,-. Bawang Merah dari Rp. 18.000,- menjadi Rp. 22.000,-. Bawang Putih dari Rp. 20.000,- menjadi Rp. 22.000,-. Dan beras IR KW1 dari Rp. 10.200,- menjadi Rp. 10.500,-. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here