Irna Narulita: Reaktivasi Jalur Kereta Api Diharapkan Dapat Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Pandeglang

1
47

Pandeglang, Badakpos.com – Pandeglang sampai saat ini masih menyandang predikat tertinggal, ditambah tingkat ekonomi masyarakat yang masih dibawah. Oleh sebab itu, dengan adanya reaktivasi kereta api dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pandeglang.
Hal ini terungkap saat Bupati Irna Narulita mengikuti Rapat Koordinasi kedua Reaktivasi Jalur Kereta Saketi-Bayah, Kamis (30/11) di Aula Bappeda Prov Banten.

 

 

Selain pertumbuhan ekonomi meningkat, menurut Irna, reaktivasi jalur kereta juga akan mendorong pertumbuhan untuk perindustrian di Pandeglang. Kata Irna, hadirnya industry akan mengurangi tingkat penganguran. “Kami akan kawal dan sosialisasikan program ini, karena sedikit banyak reaktivasi ini akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat khususnya meningkatnya perekonomian masyarakat di stasiun pemberhentian,” tambahnya.

 
Sementara itu, dalam acara yang sama Direktur Lalulintas Angkutan Kereta Api Julma Fendi mengatakan, ada beberapa potensi yang sangat besar di Kabupaten Pandeglang yang masih tidur. Salah satu penyebabnya adalah akses transportasi. “Melalui kesempatan ini akses itu akan terbuka lebar sekali untuk dikembangkan,”katanya.
Kata dia, kenapa jalur kereta harus di bangun kembali. Hal itu dikarenakan dalam rangka percepatan pembangunan. “Semua investasi tentu akan memberikan keuntungan. Jika hanya mengandalkan dari tariff angkutan saja memang tidak akan mencukupi. Tapi pendapatan besar itu dari Transit Oriented Development (TOD),”tambahnya.

 
Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Revir Aroes, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dari dua Kabupaten yaitu Pandeglang dan Lebak
Adapun stasiun yang dilewati yaitu Saketi, Jasugih, Bojong, Kaduhawuk, Jalupang, Pasung, St Kerta, Gintung, Malingping, Cilangkahan, Sukahujan, Cihara, Cisiih, Bayah, Barang Angkutan Semen, Sawarna.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here