IRNA : PERUSAHAAN BOLEH UNTUNG, PETANI HARUS SEJAHTERA

0
61

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita membuka acara Expo Produksi Benih PT Easwest Seed Indonesia. Kerjasama ini selain membuat perusahaan mendapat keuntungan dengan benih yang unggul, petanipun harus sejahtera.  Demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita saat membuka Inovasi Expo Produksi Benih PT Easwest Seed Indonesia, Rabu (3/5) di Desa Sekong, Kecamatan Cimanuk.

Menurut Bupati, dalam kerjasama yang baik jelas akan ada simbiosis mutualisme. Pada akhirnya kesejahteraan para petani yang harus diutamakan.

“Petani juga harus telaten dalam mengurus tanamannya. agar benih yang didapat merupakan benih unggulan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Seed Operation PT Easwest Seed Indonesia Agung Subroto menyampaikan, Kerjasama ini sudah berjalan dari tahun 2001. Dalam kurun waktu kurang lebih enam belas tahun ini sudah banyak petani yang berhasil.

“Sentra petani kita ada di tiga kecamatan yaitu Sobang, Patia, dan Angsana. Dengan jumlah 20  kelompok, 850 petani yang menggunakan produk kami cap Panah Merah,” katanya.

Agung menjelaskan, inovasi pembenihan yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan petani. Acara expo ini ada di dua tempat  yaitu jawa timur dan Provinsi Banten tepatnya di Pandeglang.

“Benih kita ini hibrida hasil dari perkawinan bibit unggul.  Yang akan kita sebarluaskan diantaranya, cabai, paria, oyong, buncis, kacang panjang, dan sawi,” jelasnya.

Hadir dalam acara ini, Anggota DPRD Kabupaten Pandeglang Anton Haerusamsi komisi III, Komisaris PT Eastwest Seed Indonesia Ahmad Yuniarto, PLT Kepala Dinas Pertanian Wowon Dirman, Kadiskomsantik Yahya Gunawan Kasbin, Kasat Pol-PP Dadan Saladin, Kabag Humas Mustandri, Kabag Umum Bunbun Buntaran, Kabab Pemerintahan Doni Hermawan, Muspika Kecamatan, dan camat Cimanuk Hj. Nuriah. (BP-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here