Irna : SDM PKH Kepanjangan Tangan Pemerintah Dalam Entaskan Kesenjangan Sosial

0
0

Pandeglang, Badakpos.com – Sumber Daya Manusia Pelaksna Program Kelurga Harapan (SDM PKH) merupakan kepanjangan tangan pemetintah dalam entaskan kesenjangan sosial, hal tersebut disampaikan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat membuka acara Rapat Koordinasi Para Pelaksana Program Keluarga Harapan (PKH), di S Rizky Hotel & Restoran, (17/12/19).

Irna juga menjelasakn, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH, sebagai upaya percepatan dalam penanggulangan kemiskinan. Dengan efek yang begitu besar bagi masyarakat, program tersebut harusnya dapat mengentaskan kesenjangan sosial di Kabupaten Pandeglang.

Lebih lanjut Irna menekankan kepada para Pendamping PKH, untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, agar tujuan pengentasan kemiskinan dapat tercapai dengan menyajikan data yang akurat, “Jangan hanya asal menyalurkan tetapi tidak berimbas apa-apa bagi penurunan angka kemiskinan. Saya sangat yakin, dengan adanya program ini akan ada perubahan data kemiskinan di Pandeglang. Para PKH harus bisa membuktikan di tiap wilayah binaannya, perubahan angka kemiskinan tersebut, buktikan dengan data. Jangan sampai warga yang sudah naik taraf kehidupannya diberi bantuan secara terus menerus, ganti data warga tersebut dengan warga yang memang benar-benar membutuhkan”, tegasnya.

Irna juga menambahkan, tugas sebagai pendamping PKH merupakan tugas mulya yang bermanfaat bagi warga , “Para Pendamping PKH ini merupakan tugas mulya, karena posisi kalian jika diibaratkan seperti tangan diatas. Artinya status kalian sebagai pemberi dan masyarakat sebagai penerima, insya Allah tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, dan akan menjadi ladang amal jika melaksanakan dengan amanah dan penuh tanggung jawab, jangan sampai muncul oknum-oknum yang mengatasnamakan kalian, yang bisa mencoreng citra baik para Pendamping PKH ”, pesannya.

Menanggapi apa yang disampaikan Bupati Pandeglang terkait penyaluran PKH harus sesuai sasaran, Kepala Dinas Sosial Nuriah menjelaskan, Program PKH merupakan Program Cluster I, “Artinya bantuan tersebut memang dalam bentuk pemenuhan kebutuhan pokok/dasar dalam bentuk uang ataupun makanan, nantinya setelah warga tersebut sudah naik taraf hidupnya atau kita sebut juga KPM Graduasi, akan dilanjutkan dengan program Cluster II bentuknya sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat seperti program Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Usaha Ekonomi Produktif (UEP) maupun program lainnya yang serupa”, jelasnya.

Masih kata Nuriah, penyaluran bantuan sosial PKH di Kabupaten Pandeglang pada Tahun 2019 sudah mencapai 99,86%, “Penyaluran sudah sangat baik diatas angka 99 persen, dengan total nominal kurang lebih 217,78 Milyar bagi 65.248 Keluarga Penerima Manfaat (KPM)”, tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati Pandeglang juga memberikan penghargaan kepada lima orang Pendamping PKH terbaik dari lima kategori, KPM Graduasi, dan Anak KPM berprestasi. (BP1).

Komentar dibawah ini