Bupati Pandeglang Tolak Impor Beras

0
33

Pandeglang, Badakpos.com – Bupati Pandeglang Irna Narulita secara tegas menolak impor beras yang dicanangkan Pemerintah Pusat (Menteri Perdagangan) . Menurutnya, Impor beras suatu hal yang sangat disayangkan, karena saat ini panen raya sedang terjadi diseluruh wilayah Indonesia. “Salah satunya di Kabupaten Pandeglang jadi buat apa impor beras,” Demikian disampaikan Bupati Irna Narulita saat acara panen raya padi di Desa Nanggala Kampung Cilancar Kecamatan Cikeusik, Selasa (6/2).

 

Lebih Lanjut Irna mengatakan dengan mengimpor beras, tentunya hanya dapat melukai kebahagian, dan merugikan para petani. Hal ini berdampak pada merosotnya penghasilan para petani, oleh sebab itu beras impor jangan sampai masuk di Provinsi Banten khususnya di Kabupaten Pandeglang karena. “Kita sedang surplus, panen padi para petani menghasilkan beras berkualitas bagus tentunya dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Pandeglang, lebihnya dapat menopang daerah lain seperti DKI ataupun Kabupaten dan Kota yang membutuhkan beras dengan kualitas baik.” harapnya.

 

Lebih lanjut Irna menambahkan, potensi lumbung pangan di Kabupaten Pandeglang sangat besar, salah satunya yang paling terbesar adalah di Kecamatan Cikeusik hampir luas lahan sawahnya 5.200 hektar. “Dan saat ini pelaksanaan panen raya seluas 70 hektar dari 1.500 luas hamparan sawah yang siap panen, hal ini merupakan salah satu komitmen Pemerintah daerah dalam bekerja sama untuk mewujudkan swasembada pangan di Banten khususnya di Kabupaten Pandeglang, “tambahnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus M Tauchid mengatakan, peranan Kabupaten Pandeglang dalam keberlangsungan kedaulatan pangan di Provinsi Banten sangat signifikan, oleh karena itu untuk keberlangsungan kedaulatan pangan tersebut Pemprov Banten bersama Pemerintah Pusat telah menyiapkan kawasan padi terpadu. “Dimana akan dibangun gudang, alat pengering bagi para petani, hal tersebut dilakukan untuk lebih mengoptimalkan swasembada pangan, sehingga para petani kesejahteraanya lebih meningkat “Katanya.

 

Turut hadir dalam acara panen gerakan panen hibrida Dandim 0601 Pandeglang Letkol Inf. Fitriana Nur Heru Wibawa, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang Duriat, Ketua KTNA Kabupaten Pandeglang Anton Haerusamsi,Sekretaris daerah Fery Hasanudin, Assisten Pemerintahan Agus Priyadi Mustika, Assisten Ekbang Indah Dinarsiani, Assisten Administrasi Umum Undang Suhendar, Kepala BPTP Provinsi Banten, beserta seluruh Kepala OPD.(Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here