Isuti Rachman : Pendidikan Zakat Harus Diterapkan Sejak Dini Di Sekolah

0
0

Pandeglang, Badakpos.com – Penerapan Pendidikan Bezakat terutama zakat fitrah, perlu dilakuan sejak dini oleh lembaga pendidikan, bukan hanya itu, lembag pendidikan harus menerapkanya sebagai wujud implementasi, Hal tersebut diungkapkan kepala Sekolah Islam Terpadu (SDIT) Irsyadul ‘Ibad saat ditemu khusus di kantornya kepada Badakpos.com, Jumat (24/5).

Seperti diketahui, Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus ditunaikan bagi umat muslim yang sudah mampu untuk menunaikannya. dikeluarkan setahun sekali pada saat awal bulan Ramadhan hingga batas sebelum sholat hari raya Idul Fitri. Hal tersebut yang menjadi pembeda zakat fitrah dengan zakat lainnya.

Isuti menyampaikan, pendapatan zakat fitrah tahun ini baik untuk SDIT dan unit lainnya mengalami peningkatan signifikan. “Alhamdulillah tahun ini dua kali lipat kenaikanya, jika dilihat dari rekap panitia zakat fitrah nominalnya hingga mencapai 31 Juta lebih, itu jumlah keseluruhan unit satu yayasan, dibanding tahun lalu hanya setengahnya”, ujar Isuti.

Isuti juga menambahkan ada beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut terjadi, yang pertam, sinergitas dan pelibatan seluruh orang tua dalam pemberlajaran berzakat, yang selanjutnya stratgei marketing zakat yang bekerjasama dengan pihak lembaga amil zakat Harfa, yang ke tiga, soliditas panitia yang menghadirkan idea pin zakat fitrah bagi murid yang telah berzakat”, jelas Isuti.

Masih kata Isuti, “Pendidikan berzakat sejak dini ini kami terapkan sebagai bentuk tanggung jawab dalam implementasi syariat Islam”, pungkas Isuti.

Salah satu wali murid SDIT Yusran Syah, orang tua dari Syadza Tartila Ramadhani kelas 3 Khalid bin Walid, saat dikonfirmasi oleh wartawan mengaku sangat senang bisa menunaikan zakat fitrah di sekolah anaknya, pasalnya selain memudahkan pembelajaran anaknya hal tersebut sekaligus menjadi ajang praktek secara langsung.

“Ini (zakat fitrah) sangat bagus, untuk pembelajaran anak, saya merasa sangat terbantu untuk mengajarkan berzakat pada anak saya,” ungkap Yusran singkat. (BP1).

Komentar dibawah ini