Jaga Hak Pilih Masyarakat, Bawaslu Pandeglang Lakukan Gerakan Audit Serentak

0
1

Pandeglang, Badakpos.com – Bawaslu Kabupaten Pandeglang lakukan gerakan audit serentak pada tahapan pemutakhiran data pemilih, dalam rangka memastikan kerja pemutakhiran data pemilih yang dilakukan KPU Kabupaten Pandeglang, melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) pada masa pencocokan dan penelitian (coklit), Jumat (14/08).

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kerja pemutakhiran data pemilih yang dilakukan KPU Kabupaten Pandeglang, melalui Petugas PPDP pada masa coklit data pemilih yang berlangsung sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Bawaslu Kabupaten Pandeglang melakukan audit sampilng secara serentak di 35 kecamatan se-Kabupaten Pandeglang.

Koordiantor divisi pengawasan Bawaslu Kabupaten Pandeglang Karsono menyatakan, terdapat serangkaian kegiatan yang dilakukan jajarannya untuk memastikan akurasi data pemilih, salah satunya dengan melakukan audit sampling.

“sesuai jadwal, tahapan coklit berakhir tanggal 13 Agustus, maka hari ini kita ingin memastikan KPU sudah melakukan pendataan kepada seluruh masyarakat melalui gerakan audit serentak ini. tujuannya untuk menjaga hak pilih masyarakat” kata dia.

Sebelum melakukan audit serentak Karsono menjelaskan, Panwaslu kecamatan se-Kabupaten Pandeglang melakukan apel siaga bersama seluruh staf sekretariat dan Panwaslu desa/kelurahan di wilayahnya masing masing.

“ada tiga hal yang kami lakukan dalam gerakan audit serentak ini, pertama menentukan lokasi yang rentan tidak didatangi pada masa coklit seperti lokasi yang jauh, terpencil, perbatasan wilayah atau rumah yang seringkali ditinggalkan penghuninya. Kedua, mencari informasi terkait rumah yang tidak dilakukan coklit dibuktikan dengan tidak ditempelnya formulir model AA 2-KWK (stiker coklit) pada rumah tersebut. Ketiga melaporkan hasil pengawasan audit yang dilakukan kepada Bawaslu Kabupaten Pandeglang melalui Form isian dalam jaringan (online) dan formulir hasil pengawasan” ungkapnya.

Jika hasil audit sampling yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Pandeglang ditemukan masih ada masyarakat yang belum terdata kata dia, maka sebagai upaya perbaikan, Bawaslu Kabupaten Pandeglang akan menyampaikan temuan tersebut kepada KPU Kabupaten Pandeglang untuk ditindaklanjuti.

Selain itu, dalam melakukan audit serentak, Bawaslu Kabupaten Pandeglang menginstruksikan jajarannya untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dan mendokumentasikan seluruh kegiatan pengawasan audit serentak.

“selain memakai uniform sebagai identitas pengawas, kita juga tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan masker dan membekali petugas dengan hand sanitizer saat melakukan audit” Pungkasnya. (BP1).

Komentar dibawah ini