Jaga Stabilitas Harga Beras Saat Covid-19, Dimyati Borong Beras Petani.

0
2

Pandeglang, Badakpos.com – Panen raya baru saja berlalu, tetapi harga beras dipasaran mulai tidak stabil, demi menjaga harga beras para petani tetap tinggi, Dimyati Natakusumah anggota DPR Ri Dapil Pandeglang -lebak fraksi PKS memborong 11 ton beras dari Poktan Barokah di wilayah kecamatan pagelaran, Rabu (13/5).

Dengan adanya pembelian beras dari petani ini, harga beras tetap terjaga dan perputaran uang tidak ke luar daerah, bahkan ke luar kecamatan pagelaran pun tidak, hanya berputar di tingkat lokal saja hal tersebut dikatakan Achmad Dimyati Natakusumah usai penyerahan beras bantuan.

Masih dikatakan Dimyati, bahwa Poktan Barokah ini cukup amanah dan bisa dipercaya, terbukti dengan pembayaran uang beras dimuka, pihak Poktan Barokah tidak lepas tangguh jawab, beras yang ada ini sesuai pesanan dan pembayaran. “Adapun harga beras standar sesuai harga Bulog, ini merupakan langkah awal sebagai pelopor, semoga yang lainnya bisa mengikuti, baik itu anggota DPR dari pusat, DPRD provinsi maupun anggota DPRD kabupaten,” terang Dimyati.

Dilanjutkan Dimyati, beras 11 ton ini akan dibagikan di kabupaten Pandeglang dan lebak, sasarannya untuk para Kader PKS, marbot, para jompo dan warga lainnya yang kesusahan terdampak virus corona, intinya beras 11 ton ini akan disalurkan secara bertahap ke 35 kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Pandeglang dan 28 kecamatan di lebak.

Ditambahkan Dimyati, agar harga jual beras dari hasil para petani tidak jatuh dan stabil, pihak pemerintah kabupaten Pandeglang harus melakukan perbaikan infrastruktur berupa jalan dan saluran irigasi sebagai salah satu penunjang pokok sarana pertanian, “serta pihak pemerintah daerah harus bisa membeli hasil padi atau beras dari petani, jangan sampai jatuh kepihak yang tidak bertanggung jawab sehingga menyebabkan harga jual murah, juga para petani harus tetap semangat jangan malas kalau ingin berhasil,” pungkasnya.

Ditemui ditempat yang sama, ketua Poktan Barokah bernama Afit Hikmah menuturkan, Alhamdulillah pak Dimyati anggota DPR RI dari fraksi PKS membeli beras sebanyak 11 ton, selain itu ia juga menjual beras ke luar daerah juga gabah ke Bulog, untuk saat ini hasil panen cukup bagus, menghasilkan sekitar 8 ton gabah per hektare, hamparan sawah Poktan Barokah ada 43 hektare.

“Karena ini merupakan sawah tadah hujan, ia mengharapkan pihak pemerintah melalui dinas terkait untuk bisa membuat saluran irigasi yang lebar dari hulu ke hilir, pasalnya di ujung sana ada bendungan sadang,” ungkap Afit.

Masih kata Afit, Demi menjaga kualitas gabah dan beras baik, berharap ada bantuan alat pengering padi, sehingga dikala musim hujan pun tidak akan terkendala, pihaknya juga siap menampung beras dari mana saja asal kualitas terjaga, karena ia sudah punya kemasan beras dengan laber Tani Barokah.

Pada acara tersebut hadir camat, Kapolsek dan anggota Koramil, ketua DPD PKS Pandeglang dan Lebak, para penyuluh pertanian pagelaran, anggota DPRD kabupaten Pandeglang dari fraksi PKS serta undangan lainnya.(BP11).

Komentar dibawah ini