Jalan Terjal Pasca Musda KNPI Pandeglang

Oleh : Heru Chairul Haqie

Penulis adalah : Mantan Bendahara KNPI Pandeglang Periode 2012-2015.

 

Terkait suasana kebatinan pemuda Pandeglang hari minggu (26/7) pasca Musda KNPI XV secara substansi terbentuk 2 arus besar yang bertolak belakang secara prinsip dan keyakinan.
Tentu keliru kalau mengatakan semua pandangan tersebut adalah benar atau salah, sebab didalamnya terdapat pandangan yang substansinya harus kita telaah. lalu, mana yang benar dan yang salah? bagaimana kita dapat menakar kebenarannya ?

Kalau harus merekontruksikan maka saya akan menyeretnya pada dunia filsafat karena tidak tendensius, saya tidak akan melihat secara prosedural dan politis karena bersifat partisan.
Saya akan mencoba sedikit memahami secara ilmiah, dimana di dunia filsafat juga ada 3 arus besar yang berbeda pandangan nya yaitu monoisme, dualisme dan Pluralisme.
Terkait adanya konsepsi yang berbeda di tengah2 pemuda hari ini maka salah satu cara untuk mengukur kebenarannya dalam konsepsi filsafati adalah pertama, mengukur nya dengan kenyataan dan kedua, menganalisis asas rasionalitas nya.

Artinya, pada dasarnya Tuhan tidak menciptakan satu substansi tapi setidaknya menciptakan dua substansi dasar sebagai instrument atau bahan pembentuk realitas, mengapa ?
Tiada lain makna nya adalah agar terjadi dinamika kehidupan termasuk dinamika berfikir dalam diri manusia yang mengamatinya.
Tinggal bagaimana kita yang mempunyai kecerdasan dan kewarasan intelektual bisa memahami dan harus berjiwa besar dalam menghadapi perbedaan yang ada dan terjadi!!!

Karena mungkin saja dua arus besar kepemudaan Pasca Musda KNPI itu juga akan membelah diri lagi menjadi 3.4 atau 5, Karena itupun hal yang wajar dalam kontek filsafat!.

Saya tidak menyebut 2 kubu, saya lebih senang menyebut 2 arus karena untuk perbedaan pemikiran layaknya air terus mengalir tanpa batas usia dan sekat ideologis. Kubu sendiri bagi saya lebih mendeskripsikan front secara fisik dan bertendensi kekerasan.

Allahu’alam bisshowab!

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *