Jelang Ramadhan, Warga Rutin Jalankan Tradisi Bancakan di Pantai

0
76

Pandeglang, Badakpos.com- Dari dulu hingga saat ini, setiap menjelang bulan ramadhan banyak warga yang melaksanakan bancakan atau babacakan, baik itu di pantai maupun tempat lainnya.

Seolah-olah agenda itu menjadikan rutinitas bagi warga dimanapun mereka berada.

Dan berdasarkan pantauan pada Ahad (4/4/2021) banyak warga yang melaksanakan bancakan ke pantai Carita, dengan menggunakan berbagai kendaraan, baik itu motor atau pun mobil.

Sementara itu salah satu pedagang kopi di pantai cilurah desa Sukanagara kecamatan Carita, Teh Endut (biasa warga sekitar menyebut) mengatakan, bahwa banyak warga dari Labuan, Jiput dan menes pada babacakan (makan bersama) ke pantai ini.

“Rata-rata mereka membawa bekal nasi sendiri, adapun untuk lauk pauk berupa ikan laut atau ikan air tawar serta ayam mereka sengaja membakar secara dipanggang di lokasi pantai,” ucapnya.

Ia sendiri jadi kebanjiran rezeki cukup lumayan dengan menjual arang, kopi, es dan menyewakan tikar, pungkasnya.

Terpisah, salah satu warga asal Jiput bernama Ade mengatakan, bancakan seperti ini, setiap menjelang bulan puasa menjadi tradisi turun-temurun dari dulu.

“Adapun lokasi yang dipilih biasanya tempat wisata, apa itu ke pantai atau tempat pemandian seperti kolam renang,” tambahnya.

Kadang banyak warga yang mengatakan, acara babacakan menjelang bulan ramadhan di sebut juga munggahan, pungkasnya. (BP2).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here