Job Fair Diharapkan Dapat Menekan Angka Pengangguran

1
10

Pandeglang, Badakpos.com – Dalam setiap kemajuan suatu Negara baik itu Kota ataupun Kabupaten indikatornya adalah dari tinggi rendah tingkat pengangguran. Semakin tinggi tingkat pengangguran, maka daerah itu tidak akan maju, dan semakin rendah tingkat pengangguran maka daerah itu sudah on the track.

Hal ini dikatakan Wakil Bupati Pandeglang Tanto warsono Arban saat membuka acara Job Fair di Dinas Tenaga Kerja, Selasa (5/12) di halaman Dinas Tenaga Kerja.

Kata Tanto, saat ini tingkat pengangguran di Kabupaten Pandeglang dikisaran angka 8, 3% persen. Kata dia, hal ini ada penurunan dari sebelumnya pada tahun 2015 sebesar 10 %. “Hal ini didominasi dari angka lulusan sekolah yang belum mendapatkan kerja, dan karyawan perusahaan yang mengalami putus hubunngan kerja di daerah lain, kembali ke daerah asal nya (pandeglang),” tambahnya.

Lanjut Tanto, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menekan angka pengangguran dengan pelatihan kerja melalui Balai Latihan Kerja (BLK) dan Job fair yang saat ini sedang dilaksanakan. Biasanya setelah mengikuti pelatihan, hampir 85% memiliki peluang untuk memperoleh pekerjaan. “Saat ini di Prov Banten ada kurang lebih 14.327 perusahaan, kami harap kedepan tahun berikutnya minimal 100 perusahaan yang dalam Job fair,” lanjutnya.

Sementara itu, dalam acara yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja Sukran mengatakan, ada tiga belas (13) perusahaan yang terlibat dalam kegiatan Job Fair ini yaitu PT. Paragon Technology and Inovation, PT. Indomarco Prismatama, PT. Sumber Alfaria Trijaya, PT. Permodalan Nasional Madani, PT. Citra Kartini, PT. WOM Finance, PT. Arisan Mapan, PT. CS Finance, PT. Banten Bakti Motor, PT. FIFGRUP, BP3TKI Serang, PT. Mitra Muda Reksa Mandiri, PT. Graha Cipta Utama.

Sukran menambahkan, jumlah penduduk di Kabupaten Pandeglang saat ini mencapai kurang lebih 1.200.512 jiwa. Dari jumlah tersebut, terdapat 862. 368 orang penduduk usia kerja. Kata dia, saat ini ada 541.031 orang angkatan kerja, yang bekerja sebanyak 499.031 orang, dan yang tidak bekerja 42.000 orang. Sedangkan sampai bulan desember 2017 pencari kerja terdaftar sebanyak 10.011 orang. “Mudah mudahan dengan Job Fair ini dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Pandeglang,”tambahnya.

Hadir dalam acara ini Assisten Daerah Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Indah dinarsiani.(BP3)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here