Kades Bangkuyung: Kembangkan Ikan Gabus Untuk Kemajuan Ekonomi Masyarakat

0
10

Pandeglang, Badakpo.com- Ikan Gabus merupakan jenis ikan yang banyak ditemui di perairan bebas, mudah didapat dan potensinya sangat besar untuk dapat dikembangkan sehingga memiliki nilai ekonomis.

 

Kepala Desa Bangkuyung, Kecamatan Menes Sahroni mengatakan, dirinya akan mengembangkan dan membudidayakan ikan gabus untuk dijadikan produk unggulan desanya. Kata dia, ikan gabus sangat potensial sekali karena apabila diolah sangat menguntungkan bagi ekonomi masyarakat. “Ikan gabus apabila diolah menjadi abon tentu akan menjadi mahal harganya. Makanya saya akan membudayakan ikan ini menjadi berbagai olahan makanan,” kata Oni, Minggu (8/10).
Oni menjelaskan, jika saat ini harga abon dari olahan ikan gabus mencapai puluhan ribu rupiah bahkan sampai Rp. 60.000/100 gr. Jika ini dikembangkan tentu akan menambah penghasilan bagi masyarakat Desa Bangkuyung. “Kami sudah punya relasi di daerah malingping yang siap menampung olahan dari ikan gabus. Ini kesempatan kami untuk dapat memiliki produk unggulan si desa bangkuyung, sehingga masyarakat dapat memiliki penghasilan tambahan,” jelasnya.

 

Terkait bahan baku, Oni menjamin ketersediaan bahan baku dari ikan gabus tidak akan kekurangan di Desa Bangkuyung. “Saat ini banyak sekali ikan gabus di balong dan di sawah warga. Nah itu akan kami budidayakan, bahkan tidak hanya abon saja olahannya tapi akan kami buat baby fish,” tandasnya. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here