Kades Citalahab: Siap Dukung Program Jokowi-JK

0
11

Pandeglang, Badakpos.com- Dana Desa merupakan program Presiden RI Jokowidodo. Dari dana tersebut, setiap desa mendapatkan anggaran sebesar Rp. 800 juta.

Kepala Desa Citalahab Hambali megatakan, program presiden ini sangat bagus sekali untuk percepatan pembangunan di desa. Kata dia (hambali-red), hadirnya dana desa banyak pembangunan yang dilakukan, sepertihalnya nawa cita Persiden yaitu membangun Indonesia dari pinggiran. “Tahun ini Desa Citalahab mendapatkan anggaran desa dari pusat sebesar Rp. 800 juta paling besar dialokasikan untuk infrastruktur baik itu jalan, sarana olahraga, dan embung, ” kata Hambali saat ditemui pada kunjungan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Minggu (3/9).

Hambali melanjutkan, tiga puluh (30) persen dari dana desa, dipergunakan untuk permodalan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes ini kata dia (Hambali-red), bisa menyerap hasil pertanian, pruduk unggulan, dan pinjaman modal untuk masyarakat. “Sesuai peraturan dari Kementerian bantuan untuk BUMDes itu 30 persen. Kami sudah laksanakan apa yang diamanatkan. Dengan hadirnya BUMDes juga dapat menyerap hasil panen jagung yang ada di Desa Citalahab,” ungkapnya.

Hambali menjelaskan, tahun ini dana desa untuk Desa Citalahab seluruhnya Rp. 1, 2 miliyar, Rp. 800 juta dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) sisanya dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten. “Mudah-mudahan wacana penambahan dana desa dari pusat dapat terealisasi. Karena masih banyak pembangunan di desa yang harus dilaksanakan,” ujarnya.(BP3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here