Kambing Kosta Yang Banyak Orang Belum Mengetahui

Pandeglang, Badakpos.com – Salah satu hewan ternak asli Banten adalah kambing kosta.

Konon lokasi penyebarannya kambing kosta ada di sekitar Jakarta dan provinsi Banten, kambing ini mempunyai tubuh sedang, hidung rata dan kadang-kadang ada yang melengkung, tanduk pendet bulu pendek serta kambing, berdasarkan informasi yang dihimpun badakpos. com Jumat(09/11).

Selama ini masyarakat hanya mengenal kambing kacang sebagai kambing asli Indonesia, namun karena bentuk dan performa kambing kosta menyerupai kambing kacang, sering sulit dibedakan antara kambing kosta dengan kambing kacang, padahal bila diamati secara seksama terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Sementara Korwil penyuluh pertanian kecamatan Caita melalui telepon seluler mengatakan, bahwa populasi kambing kosta untuk saat terus menyusut, tetapi diwilayah kerjanya ada warga yang beternak khusus kambing kosta.

“Kambing kosta populasinya semakin menyusut, karena warga lebih banyak yang menernak jenis kambing lainnya, seperti: kambing ettawa dan domba garut”, ungkap E. Kusmana Korwil penyuluh pada Distanak.

Lanjut E. Kusmana, salah satu ciri khas kambing kosta adalah terdapat motif garis yang sejajar pada bagian kiri dan kanan muka, selain itu terdapat bulu rewos pada bagian kaki belakang namun tidak sepanjang bulu rewos pada kambing ettawa, tuturnya.

Pantauan badakpos.com, tadi siang sekitar jam 11.00 WIB terlihat beberapa ekor kambing kacang yang ciri-cirinya mirip kambing kosta di sekitar Desa Cigondang kecamatan Labuan. (Bp11)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *