Kammi Banten Gelar Aksi Peduli Bencana Kahutla Riau.

Serang, Badakpos.com – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Se – Provinsi Banten mengadakan Aksi Solidaritas sekaligus menggalang dana atas peristiwa bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) yang melanda daerah Provinsi Riau dan pulau Kalimantan pada hari Kamis (19/09).

Menurut data BNPB, Tercatat 328.722 Ha lahan terbakar yang bersumber dari 2.312 titik api sehingga mengakibatkan 6 provinsi, 81 Kab/Kota, 1.006 Kecamatan, 12.369 Desa serta 30.097.500 Jiwa merasakan dampak bencana tersebut.

Muhammad Furqon Koordinator Lapangan Aksi menyampaikan, bahwa aksi tersebut muncul sebagai wujud rasa keprihatinan atas bencana kabut asap akibat kahua yang melanda saudara -saudara kita di daerah Riau dan Kalimantan. “Selain itu, aksi ini juga sekaligus pengumpulan donasi untuk selanjutnya di kirimkan kepada para korban bencana”, Ucap Pria yang disapa Furqon.

“Aksi tadi merupakan bentuk solidaritas atas bencana karhutla yang terjadi di riau dan kalimantan. Pemerintah seharusnya bisa lebih sigap dan tanggap dalam menyelesaikan permasalahan ini. Dan yg terpenting, pemerintah harus menindak tegas apabila ada korporasi2 yg terbukti sebagai pelaku pembakaran hutan” tutur Furqon, yang juga Ketua Umum PD KAMMI Serang.

Menurut pandangan badakpos.com, Aksi dimulai dengan longmarch dari kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten hingga alun-alun kota Serang.

Senada dengan Furqon, salah satu peserta aksi Anggi menuturkan bahwa dengan aksi ini pihaknya berharap, masyarakat Kota Serang tersadarkan atas musibah yang menimba saudara se tanah air di riau dan sekitarnya.

Selain itu, massa aksi juga menuntut kepada pemerintah agar segera menyelesaikan persoalan bencana kabut asap ini agar masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti semula tanpa gangguan pernafasan, dan mengusut tuntas secara hukum pelaku kahutla. (BP1).

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *