Kampung KB Desa Pamarayan Laksanakan Musyawarah

Pandeglang, Badakpos.com – Bertempat di aula kantor desa Pamarayan kecamatan Jiput, musyawarah beberapa agenda terkait kegiatan kampung KB berlangsung pada rabu (22/7/2020), berdasarkan pantauan Badakpos.com pada agenda itu hadir kasi pelayanan KB dari DP2KBP3A Pandeglang, Korluh KB kecamatan Jiput, kades Pamarayan, pengurus pokja kampung KB dan para kader, RT serta RW.

Sementara Korluh KB Jiput, Neni Sulviana Lisnaeni mengatakan, bahwa di kecamatan Jiput ada tiga titik kampung KB, yaitu di desa Pamarayan, sampang bitung dan desa Citaman.

“Adapun Kampung KB Pamarayan terbentuk pada 2017, sedangkan di desa sampang bitung dan Citaman berdiri baru 2018,” terang korluh KB.

Ditambahkan Neni, dulu waktu kampung KB di kampung Pamarayan desa Pamarayan belum terbentuk, disitu terlihat kumuh dan aliran selokan dipenuhi sampah dan menimbulkan bau, tetapi sekarang banyak perubahan, bahkan di kampung KB tersebut sekarang ada perbaikan gorong-gorong, bangunan Pamsimas dan Sanimas dari lintas sektoral.

Masih dikatakan Korluh KB, hari ini(rabu, 22/7) selain melakukan kegiatan musyawarah terkait agenda kerja, juga melaksakan penanaman benih cabe(cabai) dan tomat yang lokasinya di samping bangunan embung desa.

“Kedepan akan ada rencana pengembangan penanaman berbagai jenis tanaman bumbu atau tabulapot(tanaman bumbu dalam pot) di pekarangan rumah warga, ini salah satu pendongkrak perekonomian warga,” ungkap korluh KB.

Dilanjutkan Neni, sudah sekitar satu tahun kampung KB punya koperasi, dimana disitu ada simpanan pokok dan sukarela, “jadi para anggota koperasi untuk penguatan modal usaha, tidak usah pinjam ke para rentenir atau bangke(bank keliling atau bank emok biasa warga menyebut),” pungkasnya.

Adapun Kasi pelayanan KB, Muhammad Hasan mengatakan, bahwa pilihlah alat kontrasepsi KB yang cocok baik itu bagi wanita atau pria, umpama tidak cocok dengan jenis hormon pindah ke non hormon atau sebaliknya, kan disitu banyak pilihan, diantaranya kondom, pil, suntik, mop, mow, iud dan inplant.

“Dan kampung keluarga berencana (KB), sekarang menjadi kampung keluarga berkualitas, adapun di pokja kampung KB terdiri dari beberapa seksi, yaitu seksi agamaan, seksi ekonomi, seksi sosial budaya, seksi pendidikan, seksi reproduksi, seksi perlindungan, seksi cinta kasih dan seksi pembinaan,” pungkasnya.

Sedangkan kepala desa Pamarayan, Uup ma’rup menuturkan, bahwa dengan adanya kampung KB ini bisa mendongkrak kesejahteraan bagi masyarakat, baik itu perkemonian, kesehatan dan keluarga berkualitas.(BP11).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *