Kelompok Ternak Domba Baraya, Adakan Kontes Domba Unggul

0
24

Pandeglang, Badakpos.com – Kelompok ternak Domba Baraya (Barokah, Sejahtera, Mulya) dampingan Rumah Zakat Desa Cikeusik, Menyelenggarakan Acara Silaturahmi Peternak yang dikemas dalam Kontes Domba Unggul Se Kecamatan Cikeusik, Minggu (21/1/2018).

 

Acara ini baru pertama kali dilaksanakan di kecamatan Cikeusik. Endih yang mewakili Desa Cikeusik dalam mengatakan, acara ini adalah terobosan baru dan sangat bermanfaat bagi para peternak yang ada di desa Cikeusik. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Relawan Inspirasi Rumah Zakat yang telah berinisiatif untuk menyelenggarakan acara ini, semoga kedepannya acara ini bisa dilaksanakan dengan lebih baik dan lebih meriah lagi,”katanya

 

Sementara itu, pada acara yang sama Agus Sopian tokoh masyarakat kecamatan Cikeusik mengatakan, acara ini sangat bagus dan luar biasa manfaatnya terutama bagi para peternak. Kata dia, mudah-mudahan setelah adanya acara ini para peternak bisa termotivasi untuk memelihara domba unggul, karena memelihara domba biasa dengan domba unggul tenaga yang kita keluarkan sama saja. “Sementara hasilnya jelas jauh berbeda, domba unggul tentunya akan memiliki harga yg lebih mahal dan lebih menguntungkan.” ungkapnya

 

Lanjut Agus, acara ini juga mudah-mudahan bisa memberi pencerahan bagi peternak sehingga bisa memelihara dombanya dengan baik yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan peternak itu sendiri.

 

Sebagai pemateri acara ini adalah Sarip Jaenuddin dari Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Provinsi Banten. Selaku pemateri, Sarip memaparkan seputar manajemen kandang dan pakan. Dirinya menjelaskan tentang jenis-jenis kandang, cara pemeliharaan kandang dan juga jenis pakan, serta cara efektif dalam memanfaatkannya. “Karena jika kandang dan pakan ini terjaga dengan baik maka dombapun akan berkembang dengan baik di samping itu penanganan penyakit juga harus dilakukan dengan baik,” ungkap Sarip

 

Selain Sarip, pemateri lainnya adalah Dyah Lukitaningsih dari dinas pertanian bidang peternakan kabupaten Pandeglang. Dyah memaparkan seputar jenis-jenis penyakit ternak dan bagaimana cara penanganannya.

 

Untuk juri pada kontes domba unggul ini adalah Wahyu Widiyanti dari dinas pertanian kabupaten Pandeglang, dan Bowo dari HPDKI Banten. Untuk kategori domba yg di kontes kan adalah jenis pejantan unggul, betina unggul, dan bakalan unggul.

 

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Cikeusik Aang Kunaepi merasa sangat bersyukur karena acara ini dapat terlaksana dengan baik. Menurutnya, dalam pelaksanaan acara ini bukan ajang adu pamer domba, akan tetapi yg terpenting adalah para peternak bisa termotivasi dan ada pencerahan bagi mereka agar bisa memelihara dombanya dengan baik. “Sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan kualitas ternak yang ada di desa Cikeusik khususnya dan kabupaten Pandeglang pada umumnya,” tandasnya.(Bp1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here