Kementerian PUPR bersama Bupati Tinjau Lokasi Pengembangan KSPN

Pandeglang, Badakpos.com – Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama Direktur Penataan Kawasan Pmukiman (PKP) Kemen PUPR Rina Farida meninjau pembangunan pengembangam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Cikadu, Jum’at (03/11).

 
Pembangunan yang dilakukan Kementerian PUPR ini dalam rangka menunjang proyek strategis Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Pengembangan yang sedang dilaksanakan ini yaitu penataan Kampung Cikadu menjadi Desa Wisata diantaranya Restauran Apung, Ruang Terbuka Publik (Lapangan Sepak Bola) dan Sentra Batik.

 
Dalam kesempatan tersebut Bupati Irna Narulita mengucapkan terima kasih kepadan Kementerian yang sudah menggelontorkan anggaran untuk membangun KSPN Tanjung Lesung. “KSPN ini memang harus kroyokan baik mulai dari Kabupaten Pandeglang, Pemprov Banten dan Pemerintah Pusat,” katanya.

 
Lanjut Irna Narulita, dalam pengembangan KSPN ini tentu sangat butuh dukungan dari masyarakat dan para alim ulama. Agar kemajuan pariwisata ini tidah merubah marwahnya nya pandeglang sebagai kota santri. “Kami ingin membangun kelembagaan di masyarakat, masyarakat juga bisa terlibat dalam pengembangan KSPN Tanjung Lesung begitu juga para ulama yang selalu memberikan masukan agar pandeglang tetap menjadi daerah yang agamis,”lanjutnya.

 
Sementara itu, dalam acara yang sama, Direktur PKP mengatakan, dirinya sengaja melakukan monitoring secara bersama, karena pengembangan wisata ini dilakukan dengan konsep kolaborasi, dan pemerintah daerah srbagai nahkodanya. “Kita sama-sama untuk mengembangkan wilayah KSPN Tanjung Lesung agar ekonomi masyarakat berkembang dan devisa negara dari sektor pariwisata meningkat,” katanya.
Masih kata Rina, anggaran yang di turunkan dalam mengembangkan KSPN Tanjung Lesung hususnya Kampung Cikadu, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang sebesar Rp. 89 Miliar. “Pertemuan kita hari ini lengkap semuanya dari semua dirjen ciptakarya. Kita akan rubah kawasan ini menjadi desa wisata,” lanjutnya.

 
Terpisah Kepala Dinas Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PRPKP) Yanuar mengatakan, cikadu ini sebagai baperzone KSPN. Pihak provinsi sudah mulai mengintervensi di tahun 2017, salah satu program unggulan Provinsi Banten yaitu pengembangan pariwisata. “Kita nanti ikut serta dalam pembangunan, mulai dari jalan lingkukan, drainase, tempat pembuangan sampah. Jadi semua berkontribusi, mudah-mudahan tahun 2018 dapat terlihat karena pengembangam pariwisata merupakan program unggulan Prov Banten,” katanya. (Bp3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *