Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini, Kembali Serahkan Gaji DPR Untuk Korban Banjir Banten

0
0

Lebak, Badakpos.com – Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini, hari ini (Rabu, 8/1), kembali menyerahkan Gaji DPR nya untuk korban bencana banjir di Lebak Banten.

Musibah banjir dan longsor yang menimpa berbagai daerah membutuhkan penangan dan bantuan berkelanjutan baik dari pemerintah maupun komponen masyarakat. Diantara wilayah yang terparah akibat banjir dan longsor adalah di Lebak Banten.

Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini didampingi Ketua DPW PKS Banten Sanuji Pentamarta bersama jajaran pengurus dan tim Posko Bantuan PKS Lebak secara khusus mengunjungi korban banjir Lebak dan menyerahkan bantuan yang didonasikan dari gaji DPR bulan Januari. Pekan sebelumnya Jazuli Juwaini juga telah mengirimkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Serang Banten yang juga terkena musibah banjir.

“Hari ini kami datang untuk mengunjungi korban banjir Lebak untuk menyerahkan bantuan yang diperlukan sekaligus untuk melihat penanganan korban serta hal-hal yang harus dilakukan agar banjir tidak terjadi lagi di masa yang akan datang mengingat wilayah Lebak kerap terjadi banjir dari tahun ke tahun,” kata Jazuli.

Anggota DPR Dapil Banten ini melihat diantara solusi banjir Lebak adalah segera dituntaskannya pembangunan Waduk Karian. Pembangunan waduk ini merupakan Program Pusat tapi masih terkendala pembebasan lahan.

“Saya menyimak pemaparan pemda dn relawan setempat, ada progam pembangunan Waduk Karian sebagai solusi jangka panjang banjir di Lebak. Tapi sayangnya terkendala pembebasan lahan yang belum dibayar tuntas. Dari total 2226,44 ha lahan yang belum beres proses pembebasan lahannya 1007,77. Ini harus segera dituntaskan sebagai bagian dari upaya pencegahan banjir yang sangat urgen di Lebak,” ungkap Jazuli.

Terlebih lagi Anggota Komisi I DPR ini mendapatkan informasi bahwa yang menjadi korban banjir dan longsor kebanyakan yang tanahnya terkena gusur untuk proyek waduk, sehingga kalau pemerintah segera membayarkan uang pembebasan tanahnya itu bisa sangat membantu meringankan beban mereka.

Menurut Jazuli banjir Lebak butuh penangan serius dari pemerintah mengingat dampak terparah terjadi di sini dibandingkan wilayah lain yang terkena banjir. Banyak tempt-tempat terisolir yang aksesnya belum atau tidak terjangkau. Dalam catatan Posko PKS masayarakat terdampak sebanyak 13.854 orang dengan 6.287 orang mengungsi. Korban jiwa meninggal 10 orang, 4 orang masih hilang, rumah rusak berat 1.310 dan ratusan lainnya rusak sedang dan ringan.

PKS sendiri, kata Jazuli, telah mendirikan tiga Posko di Lebak yaitu di Somang (Sajira), Marak (Curugbitung), dan Muhara (Lebakgedong) dan telah menyalurkan bantuan berupa ratusan karung dan karton makanan, air bersih, pakaian bayik, pakaian layak, obat-obatan, dll. Bantuan melalui posko PKS dapat dikirimkan melalui Rekening BSM Nomor 7020685314 atas nama Lili (Konfirmasi wa ke 085210455210/Lili Sekum). (BP1).

Komentar dibawah ini