Kiat Bugar Sepanjang Hari

0
10

Info Sehat, Badakpos.com – Saat ini kita memasuki musim pancaroba, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Perubahan cuaca ini acapkali menimbulkan masalah kesehatan, mulai yang ringan seperti serangan influenza hingga yang berat seperti kasus demam berdarah. Ini artinya kita semua harus bersiap diri menghadapi perubahan cuaca ini agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menghambat aktivitas kita.

Langkah pertama adalah dengan mengkonsumsi air putih minimal 1.5 hingga 2 liter sehari atau kurang lebih 8 gelas dalam sehari. Kecukupan konsumsi air putih ini dapat disesuaikan dengan aktivitas masing-masing. Mereka yang bekerja di lapangan dan mengeluarkan banyak keringat tentu memiliki kecukupan air dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan mereka yang beraktivitas dalam ruangan.

Kedua, berolahragalah secara teratur. Banyak orang tidak menjalani olahraga karena memiliki ‘mindset’ bahwa yang namanya olah raga itu butuh waktu khusus, tempat khusus, serta berbagai hal yang sulit untuk diterapkan. Padahal, olah raga teratur yang dimaksud bisa berupa jalan kaki. Olah raga jalan kaki dipercaya sebagai olah raga yang paling sederhana namun memiliki efek positif untuk kesehatan, salah satunya dapat merampingkan perut buncit dan efektif membantu mengatasi masalah obesitas.

Langkah ketiga, jagalah emosi Anda. Hubungan antara emosi dan kesehatan seseorang sangat kuat. Emosi manusia berpengaruh terhadap kinerja organ tubuh. Penjelasan yang paling memungkinkan tentang dampak dan pengaruh emosi terhadap kesehatan seseorang adalah tingkat stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya ‘radikal bebas’ dalam tubuh. Radikal bebas ini dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan berbagai penyakit kronis.

Selanjutnya, Anda harus mengkonsumsi makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Makanan sehat ini harus kaya nutrisi, alami dan steril. Sedangkan syarat tambahan untuk makanan sehat adalah mengandung senyawa zat antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan sebaiknya masuk dalam daftar menu yang harus dikonsumsi setiap hari. Hal ini tentunya untuk menjaga tubuh agar senantiasa segar bugar serta terhindar dari berbagai ancaman penyakit degeneratif.

Langkah terakhir untuk menjaga kebugaran tubuh Anda adalah dengan banyak tersenyum. Berbagai penelitian medis menunjukkan bahwa senyuman dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh seseorang. Tak heran bila Islam mengajarkan kita untuk menebarkan senyuman dan salam.

Inilah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebugaran Anda. Selamat mencoba dan sehat selalu. (BP-3 Dari berbagai sumber, foto : dream.co.id, lemonina.wp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here