Klinik Al Furqon Jadikan Kegiatan Donor Darah Agenda Rutin Untuk Bantu Sesama

0
75

Pandeglang, Badakpos.com – Selain bermanfaat untuk tubuh, banyak manfaat lain juga akan didapat dari donor darah, salah satu yang terpenting adalah dapat menyelamatkan nyawa bagi yang sedang membutuhkan, hal tersebut disampaikan manajer Klinik Al Furqon Ratu Tina Mariana pada kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh kliniknya, di Desa Margasana, Kecamatan Pagelaran, Sabtu (25/9).

Menurut Ratu Tina, agenda donor darah ini merupakan agenda rutin di Kliniknya, dalam rangka membantu PMI memenuhi permintaan masyarkat yang sedang membutuhkan, selain itu menurutnya akan banyak manfaat yang bisa didapat dari donor darah tersebut.

“Melalui donor darah ini, akan banyak manfaat yang bisa kita dapat. Selain tubuh kita menjadi sehat, juga ada nilai ibadah bagi pendonor, karena kita sudah beramal dalam membantu orang lain,” ungkap Ratu Tina Mariana.

Lanjut Ratu Tina, ketika warga mendonorkan darahnya, maka akan terjadi sirkulasi darah dalam tubuh pendonor tersebut, sebab setelah diambil darah akan timbul darah baru dalam tubuh itu sendiri, sehingga menjadikan tubuk lebih sehat.

“Donor darah itu menjadikan tubuh kita sehat, maka dari itu saya sarankan agar masyarakat tidak takut donor darah. Bahkan melalui donor darah, kita dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain,” ujarnya.

Namun ungkap Ratu Tina, memang ada kategori bagi warga atau calon pendonor untuk bisa mendonorkan darahnya, diantaranya Hemoglobin (HB) nya diatas 12.5 mmhg, berat badan diatas 45 kilo, usia diatas 17 tahun, tensi darah tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah, tidak sedang mengkonsumsi obat terapi, dan tidak sedang haid bagi perempuan.

“Karena sebelum donor, peserta itu diskrining terlebih dahulu. Nah melalui proses skrining juga kondisi kesehatan badan kita juga bisa tahu, maka itu lah manfaat – manfaat yang bisa kita dapat melalui kegiatan donor darah itu,” ujarnya.

Di tempat yang sama, pemilik Klinik Al – Furqon, dr Furkon Haetami menuturkan, hari ini pihaknya telah melangsungkan kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Pandeglang, dengan target peserta 30 sampai 60 orang.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan per 6 bulan sekali. Tujuannya untuk membantu pemerintah demi ketersediaan stok darah,” tuturnya.

Ditegaskannya, kegiatan donor darah itu bukan semata untuk kebutuhan kliniknya, akan tetapi untuk membantu dan mendukung PMI Pandeglang, karena kalau harus menunggu pendonor datang ke PMI kan susah, makanya harus jemput bola melalui kegiatan donor darah tersebut.

“Kami pun dalam menarik minat masyarakat untuk donor darah, kerap memberikan edukasi baik melalui media sosial maupun secara langsung, kaitan dengan manfaat donor darah,” tandasnya. (BP11/BP1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here