KM Puspita Jaya Tenggelam di Perairan Selat Sunda, 6 orang Selamat & 10 Belum Diketemukan

0
0

Cilegon, Badakpos.com – Kapal Motor (KM) Puspita Jaya mengangkut 16 orang Tenggelam di perairan Selat Sunda, 6 orang nelayan selamat dan 10 ABK belum diketemukan.

Awalnya mau menuju rakata untuk menginap setelah sempat taur atau menebar jaring, tetapi naas gelombang datang menghantam lambung kapal, sehingga membuat kapal menjadi miring atau terbalik dan separuh (sebagian) tenggelam, dikatakan Surja sebagai nakhoda pada sabtu (20/6/2020).

Dilanjutkan Surja, pada kamis (18/6)kapal bersama kru atau ABK sebanyak 16 orang berangkat dari dermaga Teluk kecamatan Labuan, tetapi sore hari sekitar pukul 17 Wib ombak datang menghantam kapal.

“Saat kejadian mereka sempat satu hari satu malam bertahan di kapal yang sebagian tenggelam, tetapi 10 orang nelayan dengan menggunakan piber tempat ikan memutuskan berenang untuk menuju pulau, tetapi di karenakan dari 6 nelayan lagi, satu orang diantaranya tidak bisa berenang maka mereka kembali ke kapal yang tenggelam untuk bertahan dan menunggu bantuan,” terang Surja.

“Selama berada di atas kapal itu, mereka hanya bisa meminum air laut karena tidak ada makanan lain, sehingga ada kapal asing yang lewat dan menolong mereka yang berjumlah 6 orang nelayan, mereka juga dapat perawatan medis dari kapal asing itu, lalu kapal itu membawa mereka ke merak,” tutur Surja.

Ditambahkan Surja, “waktu musibah datang dan selama bertahan di KM Puspita jaya yang tenggelam, perasaan sedih, takut dan pasrah serta berharap keajaiban datang, ia juga berdoa semoga ke 10 orang ABK segera bisa diketemukan dalam keadaan selamat,” pungkasnya.

Sementara Humas Basarnas Banten, Warsito menuturkan ke awak media, para nelayan yang merupakan warga desa Teluk kecamatan Labuan, berangkat pada kamis pagi (18/6) dan mereka sempat menangkap ikan dulu, namun kejadian na’as menimpa mereka pada sore harinya dimana gelombang atau ombak menghantam KM Puspita jaya yang mereka tumpangi.

Adapun ke 6 orang nelayan yang selamat dan berhasil di evakuasi adalah, Surja (31) sebagai nakhoda, Sanan(35), Dede juri(24), Aji Alamsyah (21), Hasan(55) dan Atok(21).Sedangkan 10 orang ABK yang belum diketemukan diantaranya Jamal(25), Tarjan(35), Rasmin(30), Udi(42), Tastirah(50), Wawan(25), Acui(25), Suri(50), Boler(30) dan Joni(30), terang Warsito.

Berdasarkan informasi badakpos.com, bahwa Basarnas pada sore ini akan melanjutkan pencarian ke 10 orang lagi ABK KM Puspita jaya. Dan kapal Eurodam(kapal asing) menolong ke 6 orang nelayan itu terus meng evakusi ke dermaga pelabuhan merak.(BP11).

Komentar dibawah ini