Koperasi Beuti Kamal, Bangun Rumah Mukri Warga Patia

0
47

Pandeglang, Badakpos.com – Mukri (50) dan isterinya Sena (48) kini dapat bernafas  lega, pasalnya rumah reotnya yang hampir ambruk, telah ada yang menjamin akan dibangun dan langsung diratakan dengan tanah untuk dibangun oleh Koperasi Beuti Kamal Sejahtera, di Kampung Pasir Gedong, Desa Patia, Kecamatan Patia, Kamis 24 Desember 2020.

Ketua koperasi beuti Kamal Sejahtera Tatang Fauzi mengatakan, pembangun rumah tersebut sebagai bentuk sosial koperasinya bagi masyatakat tidak mampu. Soalnya, kata dia, rumah korban tersebut membutuhkan pembanhunan dengan cepat.

“Kami melihat rumah pak Mukri tersebut, membutuhkan perbaikan secepatnya. Soalnya, rumahnya tersebut sudah tidak layak huni, kalau terlalu lama dibiarkan bisa ambruk, apalagi dengan kondisi cuaca seperti ini hujan yang kerap disertai angin kencang,” kata Tatang.

Pembangunan, tersebut kata Tatang, yang akrab disapa Bajeg ini mengatakan, dalam pembangunan tersebut pihaknya melibatkan masyarakat sekitar.

“Kami dibantu masyarakat membangunnya, temtu kami juga tidak menolak apabila ada donatur dan dermawan lainnya. Sebab, kami rencanakan pembangunannya total, agar lebih layak dan bisa bertahan lama,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin memberikan keterangan memastikan rumah tersebut akan terfasilitasi tahun depan 2021.

“Melalui Dinas Sosial, Kami telah mendata pasangan tersebut untuk mendapat bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun depan. Untuk tahun ini tidak memungkinkan karena sudah akhir tahun anggaran,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Nuriah memastikan bahwa rumah pasangan tersebut akan menjadi prioritas di tahun depan.

“Kami telah berkoordinasi dengan kepala desa dan camat, saya juga telah instruksikan untuk segera membuat proposal pembangunan rumah itu. Setelah proposal masuk kami akan input dalam prioritas RTLH tahun 2021,” katanya.

Camat Patia Cecep Rohman saat dihubungi terpisah, mengatakan pihaknya bersama-sama unsur TKSK, Kepala Desa dan Lembaga Sosial telah memberikan bantuan sembako dan siap untuk merenovasi rumahnya.

“Kami telah memberikan bantuan sembako, dan atas hasil musyawarah kami bersama relawan sepakat untuk memberikan bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan dan membangun rumah tersebut dalam waktu dekat,” ujarnya. (BP11/BP1).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here