KPU Beri Waktu Tambahan Untuk Parpol

Pandeglang, Badakpos.com- Komisioner KPU Pandeglang Ahmad Munawar mengatakan, sesuai dengan Surat KPU Nomor 585, partai politik masih diberi kesempatan untuk melengkapi berkas dalam waktu 1×24 jam terhitung sejak berakhirnya waktu pendaftaran tanggal 16 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB. Khusus di Kabupaten Pandeglang, hanya Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Republik yang diberi kesempatan untuk melengkapi persyaratan yang masih kurang.

“Partai yang diberikan waktu 1×24 jam sesuai dengan surat KPU RI nomor 585, sudah datang sebelum jam 24.00, yaitu Partai Republik dan Parsindo,” (18/10/2017).
Selain itu, dalam Surat KPU RI Nomor 585 juga menjelaskan bahwa apabila Pengurus Partai Politik Tingkat Kabupaten/Kota tidak mampu melengkapi sesuai jumlah yang diajukan oleh Pengurus Partai Politik Tingkat Pusat kepada KPU sampai dengan tenggat waktu 1 x 24 jam, daftar nama anggota partai politik serta salinan KTA dan KTP Elektronik/Surat Keterangan tetap diterima sepanjang telah memenuhi persyaratan paling sedikit 1.000 atau 1/1.000 dari jumlah penduduk di kabupaten/kota yang bersangkutan.

“Kebijakan terdaftar atau tidak terdaftar ada di KPU RI, kita kan hanya menerima dokumen saja dan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen tersebut,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Ketua KPU Pandeglang Ahmad Suja’i, pihaknya menjelaskan bahwa Parsindo dan Partai Republik telah mendatangi KPU Pandeglang, dimana Parsindo tidak mendapat tanda terima dari KPU Pandeglang sementara Partai Republik telah mendapat tanda terima.

“Sampai dengan tanggal 17 Oktober 2017 pukul 00.00 WIB, Parpol calon peserta pemilu 2019 yang sudah daftar ke KPU RI sebanyak 27 parpol. Yang menyerahkan dokumen daftar nama anggota parpol seperti lampiran 2 model F2 parpol, KTA serta KTP ke KPU Kab. Pandeglang hanya 20 parpol,” terangnya.
Ia menambahkan, dari 20 parpol yang menyerahkan dokumen peryaratan, sebanyak 19 dinyatakan sesuai atau sudah diberikan tanda terima dari KPU Pandeglang, sedangkan 1 parpol dinyatakan belum memenuhi syarat.

“Partai Republik sudah sesuai ketentuan dan diberikan tanda terima oleh KPU Pandeglang, yang Parsindo belum sesuai karena jumlah KTA kurang dari 1000,” pungkas Suja’i. (Bp3)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *