Lahan Pertanian Wira Carita, Dimanfaatkan Petani Untuk Tanam Jagung

Pandeglang, basakpos.com -Dalam rangka mendukung upaya khusus padi, jagung dan kedelai(Upsus Pajale), maka kelompok Tani Mulya desa Sukajadi, kecamatan Carita bekerja sama dengan pihak cotagge Wira memanfaatkan lahan darat dan pesawahan seluas 3 hektare untuk ditanami jagung.

Dan berdasarkan pantauan badakpos.com pada(Sabtu, 11/5) terlihat dilokasi, beberapa petani yang tergabung dalam Poktan Mulya sedang mengolah lahan dengan menggunakan alat sistem pertanian(Alsintan) berupa hand traktor yang dilengkapi rotari.

Sementara, Kusmana koordinator penyuluh pertanian(Korluh) saat ditemui dilokasi mengatakan, bahwa penanaman jagung di blok Wira ini untuk ke dua kalinya, dimana tahap pertama cukup lumayan hasil panennya.

Lanjut Kusmana, bibit jagung yang ditanam varitas Bisi 18, adapun untuk saat ini tahapannya, pengolahan lahan untuk ditanami bibit serta dalam 45 hari kedepan sudah siap panen.

Masih kata Kusmana, ada beberapa petani dari desa lain yang ada di wilayah kecamatan Carita sengaja di ajak menengok ke situ, dimana tujuannya supaya mereka(petani) mau belahar serta melihat secara langsung bibit jagung yang tumbuh subur itu, jadi dengan cara begitu mereka terinovasi mau tanam jagung selain padi tutupnya.

Ditempat yang sama, salah seorang petani yang enggan disebut namanya mengatakan, menanam jagung lebih mudah dalam segala hal bila dibandingkan dengan padi, singkatnya. (BP-11)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *