Lakukan Aksi WCD, Ratusan Relawan Pandeglang Nyebur ke Got  

Pandeglang, Badakpos.com  – Ratusan komunitas Relawan di Pandeglang ikut andil dalam menyukseskan program World Cleanup Day atau hari bersih-bersih sedunia dengan nyebur ke Got.

Kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia, pada hari ini Sabtu (15/9/2018). Mengambil titik lokasi di sepanjang jalan Raya Cipeucang – Saketi Kampung Gajah Mada, Kecamatan Cipeucang.

Hadir dari berbagai komunitas diantaranya Kumandang Banten, Pandeglang Care Movement, Ketimbang Ngemis Pandeglang, Trash bag comunity, Komunitas Rehabilitasi Teluk, Unsur Pemerintahan Kecamatan Cipeucang, serta para Kepala Desa se-kecamatan cipeucang.

Selain itu kegiatan WDC ini juga diikuti oleh, Laz Harfa Pandeglang, Ketimbang Ngemis Pandeglang, Napak Tilas Komunitas, YPI Darus Saadah Cipeucang, dan Pokja Relawan Pandeglang.

Hasil pantauan badakpos.com dilokasi kegiatan, Aksi bersih-bersih ini diikuti semua unsur dari aparatur Kecamatan, desa serta melibatkan juga puluhan masyarakat terdiri dari pemuda hingga ibu-ibu, dan siswa/i Sekolah. dengan memunguti sampah-sampah yang ada di tiga lokasi, yakni di Balai Benih Ikan Cipeucang, Jalan Raya Cipeucang-Sakti, hingga sekitar SDN Palanyar 2.

Kegiatan yang langsung di Pimpin Camat Cipeucang ini sangat disambut baik oleh warga dan Komunitas Relawan di Pandeglang, yang ikut terjun langsung melakukan aksi bersih-bersih sampah.

Camat Cipeucang Caswa mengatakan, Word Cleaningup Day tersebut adalah merupakan Gerakan Hari bersih-bersih sedunia yang dilaksanakan serentak di Indonesia bahkan Dunia pada 15 September setiap tahunnya.

“Upaya bersih-bersih lingkungan dalam Word Cleaningup Day di maksudkan untuk meningkatkan kesadaran budaya bersih-bersih lingkungan”, Terang Caswa.

“Selain itu, aksi ini (WCD-red) bertujuan untuk menjalin komunikasi diantara warga masyarakat, agar waspada dan peka terhadap dampak buangan sampah sesuai visi Word Cleaningup Day di Kecamatan Cipeucang”, Tutup Caswa.

Sementara itu Ketua Pelaksana WCD Kab.Pandeglang, Yusuf Indrajat, mengatakan World Cleanup Day adalah program aksi sosial global yang bertujuan untuk memerangi permasalahan sampah global, termasuk masalah sampah laut.

“Gerakan global ini (WCD-red) menghubungkan orang-orang dan organisasi diseluruh dunia yang bertujuan membuat bumi ini bersih dari sampah serta meningkatkan kesadaran setiap individu untuk membuang sampah pada wadahnya”, ujar Yusuf.

“World CleanUp Day secara serentak ini bukan hanya di Kec.Cipeucang atau Kabupaten Pandeglang saja akan tetapi dilaksanakan juga di 150 negara kurang lebih melibatkan sekitar 10 persen atau lebih dari 350 juta penduduk terlibat dalam aksi ini. World Cleanup Day menjadi aksi bersih-bersih pertama terbesar di dunia. Demikian pula dengan Indonesia, kegiatan ini menjadi gotong royong terbesar untuk pertama kalinya yang melibatkan 13 juta penduduk,” Terang Yusuf.

Kata dia, “WCD Pandeglang ini, bersama-sama dengan masyarakat Kecamatan Cipeucang turut serta mengambil bagian untuk berpartisipasi didalam moment akbar ini, dengan harapan melalui kegiatan WCD ini menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran manusia, khususnya masyarakat Kecamatan Cipeucang akan isu sampah yang sudah menjadi isu kritis dan didiskusikan di berbagai kalangan”, Ujar Yusuf.

“Indonesia masih menjadi buah bibir sejak dinobatkan sebagai negara penyumbang sampah plastik kedua di dunia ke lautan setelah China. Momentum ini diharapkan merubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan tetap bersih dan melakukan pengelolahan sampah yang baik,”Tutup Yusuf. (BP2)

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *