Masyarakat Klaim Embung Kampung Tugu Dapat Dirasakan Manfaatnya.

0
33

Pandeglang, Badakpos.com – Pembuatan embung merupakan program dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal (PDTT) melalui Dana Desa. Namun ada beberapa embung yang belum tepat sasaran, tapi tidak sedikit juga embung yang dibuat memang benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

Salah satunya embung Kampung Tugu Desa Sodong, saat ini embung itu diperkirakan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Memang pada dasarnya embung itu merupakan cadangan air untuk mengairi pesawahan disaat musim kemarau, tapi ada hal lain yang dapat diambil manfaatnya dengan adanya embung di desa seperti pengembang biakan perikanan. “Kami sangat senang dengan adanya embung disini. Hampir setiap hari saya mancing di embung, dan ikan yang didapat juga cukup lumayan banyak,” ungkap Aden (24) warga setempat saat ditemui di sekitar embung, Minggu (24/2/2018).

 

Menurutnya, dengan adanya embung itu dirinya dan warga masyarakatlainnya sangat terbantu sekali. Selain untuk mengairi sawah, juga membantu warga saat hendak mencari ikan. “Namanya juga dikampung, biasa kalo mau makan ikan harus mancing dulu. Adanya embung ini sangat membantu kami, mudah-mudahan ikannya ditambahlagi sama pa kades,” ucap Aden sambil tersenyum.

 

Sementara itu Kepala Desa Sodong Sukmajaya mengatakan, embung ini sengaja dibuat untuk mengairi sawah warga kurang lebih 50 hektar. Kata dia, sebelum dibangun embung ini, warga hanya dapat menanam padi satu kali dalam setahun. “Alhamdulillah setelah ada embung, warga kami dapat menanam padi hingga 3 kali dalam kurun waktu satu tahun,” kata Sukmajaya.

 

Lebih lanjut Sukmajaya mengatakan, embung tetsebut seluas kurang lebih 30 x 70 meter. Tanah yang dipakai merupakan hibah dari pemilik perusahaan tepung tapioka. “Saat kami ingin membuat embung minta bantuan kepada perusahaan, ternyata ada lahan yang dihibahkan dan tepat lokasinya untuk mengairi sawah. Selain itu kami juga menebar benih ikan buat masyarakat sebabyak 15 ribu nila dan induk fatin 200 biji, alhamdulillah saat ini dinikmati oleh masyarakat,” tambahnya. (BP3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here