Masyarakat Minta Pasar Tani Diadakan Setiap Bulan

0
38

Pandeglang – Dewi (45) salah satu pengunjung pasar tani yang mengatakan, jika pasar tani ini alangkah baiknya apabila diselenggarakan satu bulan sekali. Karena menurutnya, pasar tani ini dapat membantu ibu – ibu rumah tangga dalam menyediakan sembako dan sayuran segar dirumahnya.

“Untuk masalah harga ada sedikit saja perbedaannya seperti beras, cabai dan telur. Namun mungkin kemasan lebih menarik dan lebih segar. Tapi ini sangat membantu kami, kalau bisa sebulan sekali atau per tiga bulan,” kata ibu dwi, salah satu konsumen yang belanja di pasar tani diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Minggu (21/5) di Wisata Kuliner Perhutani.


Menanggapi hal tersebut, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita mengatakan, Alhamdulillah pasar tani ini sedikit dapat membantu masyarakat dalam penyediaan sembako dan sayuran untuk kebutuhan keluarganya. “Rencananya memang seminggu sekali kegiatan seperti ini, tapi kami uji coba dulu sebulan sekali. Karena tadi ada masukan dari para konsumen, nanti kami cari dulu tempatnya yang pas, terjamin kenyamanan, kebersihannya, dan harga lebih terjangkau,” kata Bupati Hj. Irna Narulita, saat mengunjungi pasar tani.

Menurutnya, memang harga untuk sembako dan sayuran di pasar tradisional masih relative, tapi pemerintah harus tetap hadir untuk memberikan solusi baik pada petani maupun konsumen.
“Dengan adanya pasar tani ini, petani dan konsumen langsung dapat berinteraksi tidak melalui perantara lagi. Konsumen dapat sayuran segar dengan harga terjangkau, dan petani dapat keuntungan lebih tinggi,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Wowon Dirman mengatakan, pihaknya sangat senang pasar tani mendapat respon baik dari para konsumen, dan agar diadakan secara berkelanjutan. Namun kata Wowon, pihaknya harus menanyakan terlebih dahulu kesiapan para petani untuk menyediakan barang – barang yang akan di pasarkan.

“Memang harga tidak jauh berbeda, namun keuntungannya petani bisa langsung berinteraksi dengan konsumen, dan konsumen mendapatkan sayuran yang lebih segar,” katanya. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here