Masyarakat Pandeglang Butuh Air Bersih? Ini Langkah Konkritnya

0
45

Badak Pos.Pandeglang – Untuk mempermudah masyarakat mengakses air bersih, Pemerintah Pusat membuat program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) yang didanai dari Islamic Development Bank (IDB). Dengan program tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengakses air bersih khususnya di Kabupaten Pandeglang.

“Saat ini masyarakat di Pandeglang baru mencapai 55% yang dapat mengakses Air Bersih. Untuk itu dengan hadirnya program ini masyarakat tidak kesulitan lagi untuk mendapatkan air bersih,” demikian disampaikan Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita, saat membuka acara Sosialisasi Sanimas tahun 2017 di Hotel Rizki, Selasa (9/5).

Menurut Bupati Hj. Irna Narulita, saat ini derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Pandeglang memang belum sempurna, masih di bawah rata- rata. Namun kata Bupati Hj. Irna, saat ini Pemerintah Kabupaten Pandeglang terus berupaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Salah satu kendala yang sangat krusial yaitu keberadaan air bersih di masyarakat yang saat ini sedang kami tindaklanjuti melalui sanimas,”ungkapnya.

Bupati Hj. Irna berharap, keswadayaan dan gotong- royong di masyarakat harus ditingkatkan. Karena pada saat ini pemerintah hanya memberikan stimulan untuk pembangunan sanimas.
“Berkaca dari tahun sebelumnya, hampir rata- rata pembangunan sanimas ini melebihi dari dana yang diberikan. Di sini dibutuhkan swadaya masyarakat ikut mewujudkan ketersediaan air bersih untuk masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Sarif Hidayat Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PKPP) menyampaikan, tahun 2017 kuota untuk sanimas di Kabupaten Pandeglang diberikan untuk enam belas titik. Anggaran untuk tiap titik kurang lebih sebesar Empat Ratus Dua Puluh Lima (425) Juta.

“Belum ada penetapan untuk lokasi, masih ada seleksi yang memenuhi syarat, satunya yang masuk di SSK ( Strategis Sanitasi Kota) Berbasis Masyarakat,”katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here