MASYARAKAT SADAR WISATA, PILAR PENTING SEKTOR PARIWISATA

0
39

PANDEGLANG – Seindah apapun sebuah tempat wisata tidak akan menjadi destinasi utama para wisatawan bila masyarakat di lokasi wisata tersebut tidak memiliki kesadaran wisata. Pemahaman inilah yang saat ini secara kontinyu disosialisasikan melalui berbagai kegiatan oleh Pemkab Pandeglang. Salah satunya adalah dengan mengembangkan kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang dibentuk di desa-desa lokasi pariwisata.

“Kami menyadari, apapun program pariwisata yang dibuat pemerintah, tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat. Karena itu, Pemkab terus mendorong pembentukan pokdarwis di Pandeglang,” ujar Bupati Pandeglang, Irna Narulita kepada badakpos.

Pokdarwis berada di garda depan pembangunan pariwisata Pandeglang. Kelompok masyarakat ini diharapkan memiliki kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk membuat desa mereka ramah dan nyaman bagi para wisatawan. Dengan demikian kepuasan kunjungan wisatawan dapat terus meningkat dan berimbas pada jumlah kunjungan wisatawan ke Pandeglang.

“Wisatawan yang merasa puas atas pelayanan masyarakat di tempat kunjungannya, tentu akan bercerita kepada relasi mereka. Promosi wisata yang bersifat testimonial seperti ini, biasanya sangat efektif dan mengundang orang untuk melakukan kunjungan,” ujar Irna.

Irna berharap, pokdarwis yang telah terbentuk dapat terus aktif mempromosikan daerah mereka. Pihak Pemkab juga telah mempersiapkan beberapa kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan kepariwisataan mereka.

“Saya harap, pokdarwis dapat menjadi agen promosi langsung dari setiap lokasi wisata di Pandeglang,” tutur Irna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here