Mediator Bisnis

Oleh : Tb.Soleh bin Mursin Al bin Hassan

Penulis adalah : Ketum Babad Banten, Master Ekspektator di Tubagus Soleh Institut, Pembelajar di Albayt University Al Bantani

 

Mediator menjadi kunci kekuatan sebuah bisnis. Ini adalah fakta bisnis hingga kelas dunia.

Keberhasilan dan kesuksesan sebuah bisnis terkadang sangat ditentukan oleh mediator.

Begitu juga kegagalan bisnis terkadang mediator juga memiliki andil besar dalam prosesnya.

Kedudukan mediator menjadi begitu signifikan dalam bisnis. Karena Keberadaannya bisa menjadi sang penentu dari proses bisnis yang sedang berlangsung.

Mediator dalam bahasa kampungnya berarti Pelantara. Orang yang menyambungkan sesuatu kepada kepada sesuatu. Kerennya, menjadi Pelantara terjadinya transaksi bisnis antara para pebisnis.

Saat ini, hampir semua bidang bisnis tidak lepas dari para mediator.

Beberapa pengalaman yang pernah saya ikut. Bahkan perusahaan keren saja terkadang berperan sebagai mediator.

Jadi kalau ada orang yang memandang rendah profesi mediator berarti kurang piknik. Kurang jalan2.

Saya suka ketawa geli, kalau ada pamplet jualan sesuatu ada kata2 tanpa Pelantara. Langsung Pemilik.

Biasanya, klo sudah ada kata2 tanpa Pelantara lama kali terjualnya. Karena secara emosional membawa aura negatif penolakan.

Orang akan ‘segen’ dan tidak tergerak untuk bertanya atau apalah namanya. Dampaknya akan lama terjual. Bahkan bisa jadi tidak bisa terjual.

Mediator itu bisa mencairkan kebuntuan dan bisa mencarikan solusi dari bisnis yang sedang menemui jalan buntu bahkan terancam bubar.

Saya pribadi, sangat beruntung pernah berkecimpung di “dunia” permediatoran. Hinaan, dianggap remeh dst pernah saya terima.

Dari pengalaman Melakoni di dunia Permediatoran akhirnya saya sedikit paham bahwa proses keberhasilan dan kesuksesan sebuah bisnis atau politik sangat penting.

Kalau di bisnis dinamakan Mediator. Kalau di Politik namanya Relawan. Tapi makna substansinya sama. Yaitu sama2 bisa membikin Owner Sukses dan berhasil.

Mediator yang sudah kawakan akan sangat menentukan. Apalagi ditambah punya modal. Bisa menentukan hitam putih jalannya proses bisnis.

Saya percaya banget, ke depannya Profesi Mediator akan sangat penting dan diperhitungkan seperti profesi Profesional lainnya. Dan akan bisa mengurangi pengangguran yang sudah dahsyat akibat dampak pandemi Covid19.

Dengan Catatan. Para Mediator terus meningkatkan kapasitas diri dan ilmu. Kuasai –meskipun– bisnis yang mau di mediasi.

Profesi Mediator halalan thoyyibah. Jadilah mediator yang bisa dipercaya. Anda pasti sukses. Amiin.

Please follow and like us:
0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *