Mencari Kerang Lamis Dipantai, Untuk Bantu Ekonomi Keluarga.

0
4

Pandegalang, Badakpos.com – Hampir setiap hari Enah (40) salah satu warga desa Citereup kecamatan Panimbang, mencari kerang lamis dipantai, hal tersbut dilakukannya untuk membantu perekonomian keluarga.

Banyak yang didapat dari laut untuk menopang kebutuhan keluarga, diantaranya ikan, udang, tumbuhan agar-agar (rumput laut), kepiting, dan berbagai jenis kerang.

Bagi warga kecamatan Panimbang kabupaten Pandeglang, terutama yang berdomili dekat lokasi pantai Citereup, dikalai air laut surut, biasanya dimanfaatkan warga sekitar untuk mencari kerang lamis.

Enah, saat ditemui di lokasi oleh badakpos.com mengatakan, bahwa ia hampir setiap hari dikala air laut surut iya untuk mencari kerang lamis.

“Jika hasil kerang lamis banyak, ia akan menjual ke pengepul dan apabila dapat sedikit, akan dibawa pulang untuk dimasak serta dinikmati bersama keluarga waktu makan”, terang Enah.

Ditemui ditempat yang sama, Sarno (35) warga desa Mekarsari Panimbang menuturkan, “jika saya lagi nganggur (tidak kerja) akan ke pantai Citereup untuk mencari kerang lamis, lumayan dalam 3 jam jika perolehan kerang lamis banyak bisa mendapatkan uang Rp 30 ribu,” tuturnya kamis (5/12/2019).

“Biasanya saya bekerja sebagai kuli bangunan, tetapi sudah satu minggu ini tidak ada pekerjaan, walaupun kerang lamis belum musim, tetapi setiap hari dapat aja untuk di jual juga dibawa pulang buat dimasak sebagai lauk teman nasi,” pungkas Sarno.

Terpisah, Jamsiah (50) salah satu pedagang kerang lamis mengatakan, ia membeli kerang lamis dari pencari kerang lamis sekitar Rp 5 ribu hingga 10 ribu per liter, “tergantung ukuran besar kecilnya kerang lamis, adapun menjual ke pembeli atau harga yang ditawarkan, gimana pinter-pinternya kita, yang penting pembeli tidak kapok untuk datang lagi,” imbuhnya.

Kerang lamis adalah hewan bercangkang putih yang memiliki tekstur cangkang halus, juga kerang lamis hewan bercangkang atau bertubuh lunak (molusca/moluska). (BP11/BP1).

Komentar dibawah ini