Mendes Pantau Pembangunan Dari Dana Desa di Pandeglang

0
21

Pandeglang, Badakpos.com – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja di beberapa desa di Kabupaten Pandeglang, Minggu (3/9).

Desa pertama yang dikunjungi adalah Desa Citalahap Kecamatan Banjar, dengan agenda melihat hasil pembangunan lapangan sepak bola yang dibangun dengan menggunakan dana desa. Kemudian dilanjutkan panen raya jagung seluas 3 hektar dan diakhiri meninjau hasil BUMdes di Kantor Kecamatan Banjar.

Kemudian, Menteri DPDTT melakukan kunjungan ke Kampung Kaducekek, Desa Kadugadung Kecamatan Cipeucang dengan agenda Tebar Benih Ikan, Tanam Cabe dan dialog dengan kelompok tani.

Dalam dialog tersebut, masyarakat desa menyampaikan kepada Menteri terkait keluhan-keluhan yang selama ini dialami, dan meminta kepada Kementerian agar jumlah dana desa ditingkatkan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri DPDTT meminta masyarakat memaksimalkan penggunaan dasa desa, kemudian akan dievaluasi dan jumlahnya akan ditingkatkan jika dianggap perlu. “Dana desa yang diterima oleh setiap desa sekitar 800 juta dari Pemerintah Pusat. Khusus untuk Kabupaten Pandeglang, setiap desa mendapat tambahan dana sekitar 400 juta dari Alokasi Dana Desa Kabupaten,”katanya

Ia menambahkan, dana desa harus dikawal penggunaannnya oleh masyarakat. Jika menemukan masalah terkait dana desa, masyarakat dapat melaporkan masalah tersebut ke Satgas Dana Desa melalui Call Center 150040. “Bapak Presiden (Jokowi, red) sedih sekali, sudah mengalokasikan dana yang cukup besar, Rp 60 triliun, tapi masyarakat tidak mengawasai dan kepala desa tidak amanah. Jika menemukan masalah Dana Desa, segera laporkan ke Satgas Dana Desa dengan menghubungi nomor 150040. Dalam waktu 2×24 jam akan ditindaklanjuti,”tuturnya.

Sementara itu Bupati Pandeglang Irna Narulita mengucapkan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia (RI) dan pihak Kementrian Desa PDTT yang sudah banyak membantu Pandeglang melalui dana desa. Menurut BUpati (Irna Narulita-red), dana desa banyak membantu masyarakat mulai dari pembangunan infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat melalui BUMDes, sarana olahraga dan lain sebagainya. “Empat program prioritas kementerian insya Allah akan kami laksanakan untuk kemajuan desa. Diantaranya pembangunan embung desa, sarana olahraga, prudes, dan BUMDes,”katanya.

Selajutnya, Menteri DPDTT melakukan kunjungan ke Desa Muruy Kecamatan Menes dengan agenda melihat hasil Embung yang dibangun menggunakan dana desa.

Hadir dalam acara ini Ditjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Anggota DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah, Anggota DPRD Pandeglang Encep Munajat Komisi IV, Dede Sumantri Komisi IV DPRD Pandeglang, Mukhlas Komisi III DPRD Pandeglang, Komandan Kodim 0601 Letkol Inf Nur Fitriana Heru Wibawa, Kapolres AKBP Ary Satriyan, Sekretaris Daerah Pandeglang Fery Hasanudin, Para Assisten Daerah, dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.(BP3)

Komentar dibawah ini