Menengok Kebijakan Menejemen Kependudukan Dengan Kuliah Lapangan

0
1

Sejumlah mahasiswa STIA Banten bersama Dosen berkunjung ke Badan Pusat Statistik (BPS) Pandeglang, rabu, (26/02), untuk melakukan kuliah lapangan menengok Manajemen Kebijakan kependudukan.

Seperti diketahui, bahwa Kebijakan Kependudukan adalah kebijakan yang ditujukan untuk mempengaruhi besarnya komposisi, distribusi dan tingkat perkembangan penduduk.

Natta Sanjaya, sebagai akademisi STIA Banten yang juga dosen Ilmu administrasi publik menyampaikan bahwa dirinya melalui lembaga STIA Banten, merasa perlu mengadakan kuliah lapangan yang berkaitan dengan mata kuliah manajemen kebijakan kependudukan, hal ini dilakukan sebagai bentuk Pendalaman pengetahuan tentang kependudukan.

“Ini juga sebagai sarana untuk mahasiswa mencari informasi, data statistik kependudukan, sensus penduduk dan mengetahui sejauh mana tugas dan fungsi dari BPS Pandeglang dalam pengeloaan data kependudukan, mulai dari data kependudukan terkait sosial, ekonomi, pengangguran, pertanian dan lain sebagainya”, Ujar Natta.

Salah satu mahasiswa STIA Banten Ilham, menyampaikan merasa senang dapat mengikuti kegiatan kuliah lapangan.

“Kuliah kita tidak hanya dikelas, selain membosankan dan ngantuk, kuliah lapangan bersama dosen membuat kita memiliki pengetahuan baru diluar kelas, menambah khazanah pengetahuan dan melihat realita antara teori dengan kondisi di lapangan,” Ujar Ilham.

Kepala BPS Pandeglang Tri Cahyo Purnomo, menyampaikan apresiasi pada STIA Banten, atas kunjungan mahasiswanya bersama dosen untuk melaksanakan kegiatan kuliah lapangan di kantor BPS Pandeglang, dirinya berharap apa yang dibutuhkan bagi mahasiswa dapat diterima sebagai referensi mata kuliah manajemen kebijakan kependudukan.

“Kamipun berharap dapat pula mengunjungi kampus STIA Banten salam rangka sosialisasi tentang Sensus penduduk 2020, dan tentu berharap pula kerjasama setiap elemen masyarakat khususnya mahasiswa agar dapat membantu mensosialisasikan program BPS pada masyarakat dalam rangka turut mensukseakan sensus penduduk di th 2020 ini,” Ujar Kepala BPS. (BP1).

Komentar dibawah ini