Menjaga Anak Di Era Milenial Yang Serba Digital

0
1

Oleh : Isuti Rachman, M.Pd

 

 

Hari ini adalah Hari Anak Se Dunia yang tepat jatuh pada tanggal 20 November. Tapi, isu – isu terkait anak tidak pernah berakhir. Kemarin, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Serang memutuskan seorang Tukang Ojek Pangkalan (50) yang telah terbukti menyetubuhi anak usia 6 tahun.

Hukumannya itu, divonis denda Rp. 60 juta rupiah subsider enam bulan kurungan. Vonis itu lebih ringan dari sebelumnya yang dituntut 12 tahun penjara.

Betulkah hukuman bagi pelaku itu sudah adil atau sesuai? Karena, sebenarnya dampak yang paling dirugikan dalam hal ini adalah anak. Naudzubillah, kebayang bagaimana kalau hal ini menimpa keluarga terdekat kita. Kita berdoa semoga saja tidak. Namun, yang harus dipikirkan bersama adalah Bagaimana dampak psikologis yang diterima anak, yang mungkin itu akan berdampak panjang bagi kehidupannya nanti. Bagi anak, yang memorinya kuat mungkin akan trauma. Dan, trauma ini harus dihilangkan agar anak tersebut dapat menjalankan kehidupannya seperti anak-anak pada umumnya.

Selain itu, secara nasional kita diingatkan oleh Bank Dunia yang menyatakan, lebih dari sepertiga anak – anak di Indonesia mengalami Learning Poverty. Ini merupakan kondisi ketidakmampuan anak pada usia 10 tahun dalam membaca dan memahami cerita sederhana. Dalam hal ini, berarti masih banyak anak yang belum belajar keterampilan dasar. Dan, itu sebenarnya harus dimiliki.

Di moment Hari Anak ini, mari bersama – sama kita realisasikan bagaimana pemenuhan akan hak-hak anak serta bagaimana mewujudkan kesejahteraan mereka. Karena, dengan adanya pemenuhan akan hak hak mereka, maka dapat membantu tumbuh kembang mereka menjadi generasi yang hebat di masa yang akan datang.

Yuks kita jaga anak – anak kita, karena mereka adalah aset bagi bangsa dan negara ini. Dan, karena merekalah dunia menjadi berwarna dan indah.

#SelamatHariAnak
#JagaSelaluAgarAman

 

Penulis adalah : Kepala Sekolah di SDIT Irsydul Ibad 2 Pandeglang, Anggota P2TP2A.

Komentar dibawah ini