MENTERI PDTT : BUMDES TAK BOLEH HANYA SEREMONI SEMATA

0
10

JAKARTA – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mengatakan, dengan adanya BUMDes, akan  dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia, menurutnya, saat ini kurang lebih ada 4000 BUMDes yang sukses.  Demikian disampaikan Menteri PDTT, Eko Putru Sandjojo saat menghadiri penandatanganan kerjasama beberapa kabupaten dengan Bulog Pusat dan Kopelindo, di Jakarta (27/4).

“Jadi BUMDes ini jangan hanya seremoni semata, namun harus serius dalam pengelolaannya untuk memajukan ekonomi desa,” katanya.

Menurutnya, tidak hanya kualitas infrastruktur desa yang menjadi perhatian Pemerintah, namun ekonominyapun harus dapat berkembang.

“ Untuk itu harus ada Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades), diantaranya membuat klaster untuk program unggulan desa. Persoalan di desa yang saat ini dihadapi adalah kurang fokus terhadap program unggulan,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita menyampaikan, pihak Pemerintah Daerah sangat support sekali dengan dibuatnya Mitra BUMDes. Dengan adanya mitra BUMDes, ekonomi masyarakat dapat terus berkembang.

“Selain dari produk dari milik BUMN, produk unggulan daerah setempatpun dapat dimasukan disana. Sehingga produk UMKM yang saat ini sudah ada dapat memiliki nilai ekonomis untuk menambah penghasilan masyarakat,” katanya. (BP-1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here