Minimalisir Permasalahan Bahasa, KBB Banten Gelar Diskusi kelompok Terpumpun

0
13

Serang, Badakpos.com – Untuk meminimalisir permasalahan bahasa di media massa, Kantor Bahasa Provinsi (KBB) Banten selenggarakan diskusi kelompok terpumpun penggunaan bahasa di media massa Provinsi Banten bersama pelaku media masa dan intansi pendidikan, di aula hotel Puri Karyana Serang, (26/10).

Kepala kantor bahasa Halimi Hadibrata menyampaikan harapan dengan diselenggarakannya DKT ini dapat meminimalisir permasalahan bahasa Di Media Massa.

“Agenda hari ini secara umum memiliki dua tujuan, yang pertama Untuk mengetahui bagaimana kepedulian atau sikap awak media dalam penggunaan bahasa Indonesia dimedia masa, dengan adanya pengawasan dan penilaian ini dapat diketahui media masa mana yg peduli dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” kata Halimi.

Yang kedua, lanjut Halimi, Diharapkan ada persaingan antar awak media didalam memperbaiki penggunaan bahasa di media masa sehingga dari tahun ke tahun akan selalu ada perbaikan penggunaan bahasa Indonesia di media masa semakin baik dan akhirnya masyarakat akan bisa menikmati penggunanaan bahasa Indonesia dimedia masa sebagai teladan kedalam berbahasa.

Dalam rangkaian diskusi ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada tiga media masa terbaik dalam hal penggunaan bahasa di media masa terbina, dan juga pemberian penghargaan kepada instansi pendidikan dalam aksi pengutamaan bahasa negara diruang publik.

Salah satu peserta yang juga seorang jurnalis kabupaten Pandeglang Gungun, menyampaikan, dalam kegiatan diskusi ini  sangat baik bagi para jurnalis, karena banyak pengetahuan tentang bahasa yang selama ini belum diketahui, terutama bahasa yang sudah diubah menjadi bahasa serapan atau lainnya.

“Harapan kedepan, adanya pelatihan khusus untuk jurnalis dalam menulis dengan bahasa yang baik dan benar. Sehingga kemampuan para jurnalis dalam menyampaikan informasi kepada publik bisa lebih sempurna”, Tegas Gugun.

Kegiatan juga dihadiri oleh Fairul Zabadi mewakili Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Willy Pramudya Jurnalis Senior, Abdul Malik Akademisi/Dosen. (BP12).

Komentar dibawah ini