Muara Carita Butuh Normalisasi, Untuk Kelancaran Aktivitas Nelayan

0
5

Pandeglang, badakpos.com – Aliran di kali muara Carita semakin hari makin mengalami pendangkalan dan sempit. Hal ini dampak dari berkembangnya pemukiman di area itu, juga ulah oknum warga yang membuang sampah ke bantaran kali, informasi ini yang didapat badakpos.com melalui pantauan, Kamis(28/3/2019).

Padahal muara Carita tersebut sangat vital lantaran tempat keluar masuknya perahu nelayan saat melakukan aktivitas melaut, juga tempat bersandarnya perahu nelayan bila tidak melaut.

Sementara Ganda Wijaya kepala desa Carita, Kecamatan Carita saat ditemui di kantornya mengatakan, bahwa muara itu dari dulu hingga kini belum pernah dilakukan pengerukan. “Padahal jika dinormalisasi aliran sungainya tentu berdampak positif bagi nelayan,” katanya.

Lanjut Kades, jika air laut lagi surut terkadang perahu nelayan sangat sulit untuk keluar masuk.” Sebab ini terjadi pendangkalan dampak dari lumpur juga sampah rumah tangga buangan dari warga sekitar,” lanjutnya.

Menambahkan Kades, dirinya berharap pemerintah melalui dinas terkait segera untuk bisa mengatasi itu, serta segera untuk mewujudkan bantuan perahu untuk nelayan, yang rusak dampak dari diterjang badai tinggi tsunami.”Dan segera untuk bisa memulihkan pariwisata, sebab banyak warga Carita yang biasa jualan ikan asin dan kerupuk ikan di pantai, kini pada menganggur,”tegas Ganda Wijaya.

Terpisah, Sarmin salah satu nelayan mengarakan, membenarkan jika saat ini muara Carita jadi sempit dan dangkal.”Sehingga sangat susah bagi perahu untuk ke luar masuk jika air laut sedang surut,”katanya dengan singkat.(Bp-11)

Komentar dibawah ini