Naik Satu Peringkat, Kabupaten Serang Raih Penghargaan KLA Tingkat Madya

0
4

Bogor, Badakpos.com – Kabupaten Serang meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia Tahun 2022. Penghargaan atas kenaikan satu peringkat dari KLA Tingkat Pratama menjadi Tingkat Madya.

Penyerahan penghargaan KLA Tahun 2022 di lakukan oleh Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Kabupaten Bogor Jawa Barat, yang di ikuti secara virtual oleh Kabupaten dan Kota Peraih Peringkat tingkat Pratama dan Madya pada Jum’at, 22 Juli 2022 malam.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang, Tarkul Wasyit mengatakan terkait dengan kenaikan peringkat KLA dari Pratama ke Madya perlu diketahui bersama, bahwa sesuai hasil penilaian verifikasi lapangan oleh Kemen PPP Kabupaten Serang menunjukan ada kenaikan dari kategori pratama ke madya.

“Hal ini adalah salah satu bahwa gugus tugas KLA Kabupaten Serang sudah bekerja sama-sama secara maksimal dan bersinergi,”ujarnya melalui keterangan tertulis yang di siarkan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) pada Minggu, 24 Juli 2022.

Perlu diketahui juga, lanjut Tarkul, bahwa sesuai dengan mandat undang-undang setiap daerah harus melaksanakan pengembangan kabupaten layak anak. Kemudian beberapa aspek yang sudah dilakukan di Kabupaten Serang pertama dari aspek kelembagaan. “Kita tahu bahwa aspek kelembagaan aspek terpenting dalam penyelenggaraan KLA,”katanya.

Kemudian, lebih lanjut Tarkul mengatakan, kelembagaan KLA pun sudah melakukan langkah-langkah kongkrit terkait bagaimana membuat sebuah regulasi. Untuk regulasi pun sudah dibuktikan, sudah di tunjukan kepada tim pusat bahwa di Kab Serang sudah ada regulasi dari mulai Peraturan Bupati (Perbup) terkait dengan KLA, dan Tahun 2022 ini sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) terkait KLA.

“Kemudian dari kelembagaan kita break down kepada 5 klaster, klaster 1, 2, 3, 4, dan klaster berdasarkan penilaian lapangan bahwa semua gugus tugas sudah bekerja bersama-sama, sehingga melalui cek lapangan tim dari pusat di nilai banyak perubahan yang sangat signifikan terkait penyelenggaraan KLA di Kabupaten Serang,”terangnya.

“Hal ini tidak terlepas dari support pimpinan daerah baik Ibu Bupati, Pak Wakil Bupati, Pak Sekda, semua kepala OPD dan jejaring KLA kita sudah bekerja bersama sehingga Alhamdulillah sesuai harapan Kabupaten Serang naik peringkat dari pratama menjadi madya. Tidak terlepas juga sinergi media massa, dunia usaha dan lainnya,”ungkap Tarkul.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang ini menambahkan, untuk piala penghargaan akan di serahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten kepada Kabupaten dan Kota penerima penghargaan KLA. Diketahui, selain Kabupaten Serang juga Kabupaten Lebak meraih penghargaan KLA tingkat Madya. (BP1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here