Nasdem Buka Penjaringan Bacalon Bupati Pandeglang, Tanpa Mahar

0
0

Pandeglang, badakpos.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Pandeglang resmi membuka tahap penjaringan Bakal Calon (Bacalon) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang tahun 2020. Rangkaian pendaftaran Partai Nasdem dimulai sejak tanggal 23 September hingga 23 Oktober 2019.

Ketua Tim Penjaringan DPD Nasdem Pandeglang, Fajar Setiawan menjelaskan, para bakal calon bisa mengambil formulir mulai tanggal 25 September hingga 10 Oktober. Setelah itu, pihaknya memberi waktu sepuluh hari untuk pengembalian formulir pendaftaran. “Mulai tanggal 25 September hingga 23 Oktober dibuka pendaftaran. Tanggal 25 September pengambilan formulir sampai dengan 10 Oktober. Tanggal 11 Oktober sampai 20 Oktobernya, masa waktu pengembalian formulir bagi masing-masing Bacalon,” ujarnya saat konferensi pers di kantor DPD Nasdem Pandeglang, Selasa (24/9).

Lebih lanjut Fajar mengatakan, jika semua telah menyelesaikan proses pendaftaran, pihaknya akan memberi ruang bagi para bakal calon untuk menyampaikan visi misi dan strateginya pada tanggal 26 Oktober mendatang. “Dari hasil pemarapan itu, DPD dan DPW Nasdem Banten akan merumuskan tiga nama yang akan diusulkan ke DPP agar menentukan siapa nama yang akan diusung,” tambahnya.

Fajar Menambahkan, proses penjaringan di DPD Nasdem Pandeglang, tanpa mahar bahkan saat pendaftaran sekalipun. Semua calon dari unsur insternal dan eksternal berhak mengikuti proses penjaringan tersebut secara berkala. “Nasdem memberlakukan politik tanpa mahar, kami tidak ingin memberatkan Bacalon. Kami tidak memungut biaya sepeser pun bahkan untuk pendaftaran sekalipun,” jelasnya.

Namun begitu, partai besutan Surya Paloh itu mewajibkan pelamar untuk melengkapi sejumlah item saat mendaftar. Diantaranya melampirkan visi misi dan menandatangani pakta integritas. “Kami mengajak partisipasi masyarakat untuk lebih cermat memilih sesuai hati nurani. Kami membuka secara umum artinya dari eksternal dan internal, skalian evaluasi terhadap kader internal,” tuturnya.

Fajar berharap, penjaringan itu bisa diikuti oleh sebanyak-banyaknya oleh bakal calon. Semakin banyak bakal calon yang mendaftar, maka partai memiliki banyak alternatif calon pemimpin yang berkualitas.
“Harapan kami, melalui penjaringan ini kita mengundang, partai dalam konteks rekrutmen bisa disaksikan oleh masyarakat untuk semua kalangan. Kami harap bisa menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” tutupnya. (BP-10)

Komentar dibawah ini