OPD Harus Fokus Dalam Penyusunan RKA Tahun 2018

0
54

Pandeglang, Badakpos.com – Penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD) merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap akhir tahun untuk menyusun anggaran tahun yang akan datang. Namun kata Bupati Irna Narulita, masih banyak kekurangan dalam penyusunan dan perencanaan yang dilakukan oleh setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Saya ingin OPD fokus dalam penyusunan RKA 2018. Jangan sampai kesalahan dalam penyusunan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban tahun ini terjadi kembali ditahun 2018,” hal ini dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita, saat membuka acara Sosialisasi Surat Edaran Bupati tentang penyusunan Rancangan Kegiatan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (RKA-SKPD) tahun 2018, di Pendopo, Selasa (5/9).

 

Bupati berharap, para kepala OPD dapat melibatkan seluruh Sumberdaya Manusia (SDM) yang ada di dinas terkait agar ada masukan dan trobosan dalam kegiatan. Sehingga tidak ada kesalahan kembali dalam penyusunannya seperti yang terjadi dalam Rencana Kerja (Renja) maupun Rencana Strategis (Renstra). “Jika ingin sukses jangan hanya mengandalkan kasubag pelaporan saja, tapi libatkan kabid dan seluruh bidang terkait. Saya harap Kegiatan tahun 2018 harus realistis, jangan asal – asalan atau hanya berpikir penyerapannya saja tanpa memikirkan outcomenya ,” lanjutnya.

 

Bupati Irna melanjutkan, dalam penyusunan RKA 2018 jangan sampai ada belanja pemborosan dan tidak produktif. Jika itu masih ada kata Irna Narulita, harus dieliminir. “Ngapain dimasukan jika tidak penting. Buat program yang dapat meningkatkan pendidikan, kesehatan, lapangan pekerjaan, Infrastruktur untuk kmajuan,” ungkapnya.

 

Kabid Anggaran pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sunarto mengatakan, dasar hukum dari kegiatan ini diantaranya Permen No.33 tahun 2017 tentang penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018. “Acara ini diikuti oleh tigapuluh Sembilan orang yang terdiri dari para Camat dan Kasubag Evaluasi dan Pelaporan,” katanya.

 

Hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah Pandeglang Fery Hasanudin, Asda Administrasi Undang Suhendar, Kepala Bappeda Kurnia Satriawan, Sekretaris Dewan E. Sutisna, para Camat Se-Pandeglang. (Bp3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here